Rossi Sambut Baik Paket Elektronik dan Keseimbangan Motornya

Rochman Arief

Kamis, 18 April 2019 - 17:26

JATIMNET.COM, Surabaya – Pebalap Monster Yamaha Valentino Rossi telah menunjukkan grafik positif dalam tiga kali balapan pembuka. Setidaknya dia sudah dua kali naik podium kedua yang dibukukan di Sirkuit Termas de Rio Hondo (Argentina) dan Circuit of The Americas, (Amerika Serikat).

Hasil itu menggambarkan konsistensi mesin dan ketangguhan juara dunia MotoGP tujuh kali itu. Buntutnya dia berada di urutan kedua klasemen sementara terpaut tiga poin dari Andrea Dovizioso yang mengoleksi 54 poin.

Dua hasil positif di tiga balapan pembuka mengakhiri paceklik gelar selama sembilan putaran terakhir. Dalam kurun waktu tersebut, Rossi kerap jatuh, gagal finish, tidak naik podium hingga kerusakan mesin. Buntutnya dia sulit bersaing dengan Marc Marquez (Repsol Honda) dan Dovizioso (Ducati Winnow).

BACA JUGA: Rossi Merasa Lebih Kuat di Amerika

Rossi, mengaku hasil pengujian mesin pada musim dingin lalu menunjukkan arah yang benar terhadap pengembangan mesin M1. Saat ini dia tinggal membutuhkan waktu untuk bersaing dengan dua tim teratas, Ducati dan Honda.

“Kami mencoba bekerja di sisi elektronik untuk meningkatkan akselerasi, karena kami selalu bermasalah saat keluar tikungan. Kami juga menemukan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Motor bekerja lebih baik,” kata Rossi dikutip Crash.net, Kamis 18 April 2019.

Pebalap kelahiran Urbino, Italia 40 tahun silam itu mengaku butuh waktu untuk mendorong mesinnya lebih kompetitif. Saat ini tim mekanik tengah melakukan peningkatan di beberapa area.

BACA JUGA: Empat Pebalap Incar Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Yamaha diperkirakan akan tampil lebih ciamik pada balapan di Jerez, Spanyol. Sebab grafik yang ditunjukkan Yamaha dalam dua kali balapan di Jerez cukup baik. “Tahun 2017 adalah bencana, dan 2018 sedikit lebih baik,” Rossi menambahkan.

Kemajuan Rossi dengan mesin M1-nya telah menjadi ancaman. Pimpinan klasemen sementara saat ini, Dovizioso, menganggap Rossi sudah berada di jalurnya

“Valentino (Rossi) berada dalam situasi yang lebih baik dibandingkan tahun lalu, saya tidak berpikir motornya terlalu buruk,” terang Dovi, sapaannya, mengomentari keberhasilan Rossi meraih podium kedua di COTA, akhir pekan lalu.

Baca Juga

loading...