JATIMNET.COM, Surabaya – Hasil tiga seri MotoGP yang sudah berlalu mulai menggambarkan kandidat juara dunia 2019. Empat pebalap dari tim yang berbeda bakal memperebutkan gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Itu jika mengacu hasil di Circuit of The Americas (COTA), 14 April 2019 yang dimenangi Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Runner-up dua musim terakhir, Andrea Dovizioso mengungkapkan persaingan tahun ini akan jauh lebih sengit. Dia menilai tiga seri yang sudah berlalu telah melahirkan tiga juara dari tiga tim yang berbeda.

Pada seri pembuka di Losail, Qatar, dia memenangi balapan diikuti Marc Marquez (Repsol Honda) sebagai runner-up. Sedangkan di Termas de Rio Hondo (Argentina) giliran Marquez yang menjadi jawara diikuti Valentino Rossi (Monster Yamaha). Adapun COTA direbut Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan diikuti Rossi.

BACA JUGA: Tiga Seri Pembuka MotoGP Lahirkan Juara Berbeda

Kondisi ini, menurut Dovizioso, sangat berbeda dengan dua musim terakhir. Dalam dua musim terakhir ini persaingan cednderung monoton. Sebab hanya ada dua rider dari dua pabrikan, Marquez dan Dovizioso yang menunggangi Ducati Winnow.

“Kejuaraan tahun ini akan berbeda. Suzuki dengan Rins akan berjuang di setiap kejuaraan. Begitu juga dengan Valentino (Rossi). Dan Marquez pasti,” kata Dovi seperti dikutip Crash.net, Selasa 16 April 2019.

Dovi, sapaannya optimistis keempat tim ini yang bakal saling jegal. Dia memiliki analisa tersendiri berkaitan dengan perebutan gelar juara tahun ini.

BACA JUGA: Rossi Merasa Lebih Kuat di Amerika

“Dalam dua tahun terakhir ini Suzuki bersama Rins telah menunjukkan perkembangan. Rossi juga berada dalam situasi yang lebih baik dibandingkan tahun lalu, saya tidak berpikir sepedanya terlalu buruk,” ujar mantan juara dunia 125 CC tahun 2014 itu.

Setelah balapan di COTA akhir pekan kemarin, Dovi, sapaannya, memimpin klasemen sementara dengan 54 poin disusul Rossi terpaut tiga angka. Sementara Rins menguntit di posisi ketiga selisih lima poin. Adapun juara bertahan, Marquez terlempar ke posisi keempat tertinggal sembilan poin.

Begitu juga dengan klasemen pabrikan, Ducati memimpin dengan 57 poin. Honda dan Yamaha sama-sama tertinggal enam angka menduduki urutan 2-3. Sementara Suzuki di urutan keempat tertinggal delapan poin.