Quartararo dan Morbidelli Cetak Sejarah Rebut Pole Position

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Sabtu, 4 Mei 2019 - 20:39

JATIMNET.COM, Jerez – Pendatang baru MotoGP Petronas Yamaha SRT mencetak sejarah. Tim satelit Yamaha itu merebut pole position 1-2 dalam sesi kualifikasi di sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu 4 Mei 2019.

Fabio Quartararo menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu, satu menit 36,880 detik. Sementara rekannya, Franco Morbidelli berada di belakangnya 0,082 lebih lambat, dan ditutup Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi ketiga tertinggal 0,090 detik.

Hasil yang dibukukan Petronas Yamaha SRT menjadi sejarah baru MotoGP. Sebab keduanya menjadi pebalap termuda yang mampu merebut pole position. Crash.net, Sabtu 4 Mei 2019 mencatat Quartararo baru berumur 20 tahun, dan rekannya, Morbidelli satu tahun lebih tua.

BACA JUGA: Petrucci Berharap Bisa Tampil Maksimal

Namun pada balapan ini, juara bertahan Marquez mampu mencatat top speed yakni 287 km/ jam. Begitu juga dengan Andrea Dovizioso (Ducati Winnow) mampu mencatat top speed yang sama.

Dengan merebut posisi terdepan, menguntungkan bagi duo pebalap Petronas Yamaha SRT. Namun hal yang perlu dinantikan adalah menghadapi tekanan dari Marquez ataupun pebalap lain di tikungan pertama. Bukan pekerjaan gampang bagi seorang Rookie (pebalap pendatang baru) sanggup menghadapi tekanan ‘seniornya’.

Kejutan lain dalam sesi kualifikasi ini adalah kegagalan Valentino Rossi dan Jack Miller melewati kualifikasi pertama. Keduanya mengalami masalah pada mesinnya, dan harus memulai balapan dari posisi ke-13 dan 15 pada balapan yang dilaksanakan, Minggu 5 Mei 2019.

BACA JUGA: Jerez Nantikan Jorge Lorenzo

Pebalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone sejauh ini juga dilaporkan tengah menjalani pemeriksaan kaki kirinya pasca kecelakaan berat di sesi latihan (free practice / FP) terakhir.

Hasil kualifikasi Jerez lainnya, menempatkan pemimpin klasemen sementara Dovizioso berada di pisisi keempat dengan catatan waktu, satu menit 37,018 detik dan menutup lima besar diisi Maverick Vinales (Monster Yamaha) satu menit, 37,114 detik.

Baca Juga

loading...