Ponorogo dan Empat Kiamat Lain yang Kontroversial

Nani Mashita

Selasa, 19 Maret 2019 - 18:40

JATIMNET.COM, Surabaya – Beberapa hari terakhir, Indonesia dihebohkan dengan munculnya isu kiamat. Puluhan warga Ponorogo hijrah ke Malang lantaran kiamat akan terjadi dalam waktu dekat.  

Namun, isu kiamat sudah dekat di Ponorogo bukanlah yang pertama kali muncul.

Berikut daftar isu kiamat yang pernah menghebohkan Indonesia dirangkum dari berbagai sumber, Selasa 19 Maret 2019.

1. Kiamat Ponorogo

Sebanyak 52 orang atau 16 kepala keluarga dari Dusun Dukuh Krajan, Desa Watubonang, Ponorogo, pindah ke Malang termakan isu kiamat.

BACA JUGA: Belum Kiamat Sudah Minggat

Setelah diselidiki, mereka mengungsi ke pondok pesantren (ponpes) Miftahul Falahil Mubtadin di Kabupaten Malang.

Begitu juga di Jember, ada 15 orang dari 8 KK dari Desa Umbulsari dan Gunungsari, disusul dua orang dari Mojokerto, dan satu keluarga asal Jombang yang juga eksodus ke ponpes tersebut.

Bahkan kabarnya, warga Wonogiri Jateng juga sudah bersiap untuk pindah ke Malang.

Pria yang meramalkan kiamat akan terjadi tahun ini adalah Katimun. Dia memfatwakan pengikutnya untuk menjual aset-aset mereka sebagai bekal di akherat.

BACA JUGA: MUI dan Pemkab Ponorogo Sayangkan Warga Percaya Isu Kiamat

Katimun juga meramalkan akan terjadi perang saat Ramadan, kemarau panjang selama 2019-2021, menebus foto pengasuh pondok pesantren senilai Rp 1 juta, anak-anak diizinkan tidak sekolah, mengibarkan bendera tauhid serta anak boleh menghukum orang tuanya jika tidak mengamalkan Thoriqoh Akmaliyah Sholiyah.  

2. Sekte Sibuea Bandung

Sekte ini dipimpin oleh Pdt. Mangapin Sibuea yang mengabarkan bahwa kiamat akan terjadi pada 10 November 2013.  

Sang pendeta  mengaku sebagai “Rasul Paulus II” dalam bukunya bertajuk "Kiamat Dunia Segera akan Terjadi," yang terbit di Bandung pada 1999. Ia mengaku mendapat wahyu dari Roh Kudus.

Ada sejumlah hal yang disampaikan, antara lain, akhir zaman akan terjadi pada 10 November 2003, akan terjadi pengangkatan kelompok Sibuea antara pukul 09.00-15.00 WIB di akhir zaman, dan anti-Kristus akan menguasai dunia mulai 10 November 2003 hingga 11 Mei 2007.

BACA JUGA: Belasan Warga Ponorogo Jual Harta Benda Hindari Kiamat

Pada akhirnya, Sibuea divonis dua tahun penjara.  

3. Sekte kiamat Imam Mahdi

Isu kiamat pernah dilontarkan oleh pria asal Banyuwangi Syamsuri yang menjuluki dirinya sebagai Imam Mahdi.

Dia meramalkan jika 9 September 1999 akan terjadi kiamat. Pengikutnya mengungsi ke Gunung Srawet, Banyuwangi.

BACA JUGA: Dreamsea Digitalisasi 22 Naskah Kuno di Banyuwangi

Jelang ‘kiamat’, Syamsuri mengajak ratusan orang ke padepokannya untuk menyambut kiamat tepat pukul 09.00 WIB. Sebelum ramalan itu terwujud, ia malah diciduk polisi dan divonis 11 bulan penjara.

4. Ramalan Kiamat Suku Maya

Sejak 2012, warga dunia sempat dihebohkan dengan ramalan Suku Maya. Ramalan itu menyebutkan bahwa akhir dunia terjadi pada 21 Desember 2012.

Ramalan menguraikan beberapa cara terjadinya kiamat. Yaitu lewat badai matahari, kutub bumi terbalik, tabrakan dengan planet Nibiru, planet-planet tata surya berada dalam satu garis yang sama, serta kegelapan total akibat bumi dan matahari sejajar.

BACA JUGA: Melahap Selada Premium di Kebun Hidroponik Banyuwangi

Hingga akhirnya, ramalan kiamat Suku Maya tidak terjadi.

5. Ramalan Kiamat Baba Vanga

Baba Vanga atau yang punya nama asli Vangelia Pandeva Dimitrova itu mencuat di akhir 2018 lalu.

Diramalkan sejumlah peristiwa dunia terjadi di 2019, seperti keruntuhan ekonomi Eropa, upaya pembunuhan Putin, serta Presiden Donald Trump yang menderita penyakit misterius.

BACA JUGA: Warga Rusia Protes Pembatasan Internet

Selama ini ramalannya selalu akurat, termasuk insiden runtuhnya World Trade Center 11 September 2001 serta tenggelamnya kapal selam nuklir Rusia bernama Kursk. 

Peramal Baba Vanga sendiri sudah meninggal 1996 lalu di usia 86 tahun.

Soal kiamat, dia mengatakan bila dunia akan hancur pada tahun 5079. Rangkaian kiamat akan dimulai di tahun 2164 dimana hewan menjadi setengah manusia, dan pada tahun 2288 perjalanan waktu akan menjadi nyata.   

Baca Juga

loading...