Pemkot Tambah Lima Bozem untuk Penanggulangan Banjir

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 29 Maret 2019 - 09:31

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menambah lima bozem di beberapa wilayah barat dan timur untuk menanggulangi banjir. Pasalnya, genangan air rob dari laut masih sering terjadi di di beberapa wilayah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati mengungkapkan bozem akan ditambah di kawasan Rungkut, Pakal, Karang Pilang dan Kenjeran.

“Saat ini masih proses. Kalau yang di Menganti Karang Pilang itu masih dibagi tanahnya oleh Bappeko,” kata Erna saat diwawancarai di ruang kerja, Kamis 28 Maret 2019.

BACA JUGA: Ini Enam Pasar Tradisional Rujukan Warga Surabaya

Ia mengatakan pembangunan bozem di sejumlah wilayah itu untuk menampung aliran air. "Jika tidak ada bozem, maka air tawar yang turun setelah hujan akan mengakibatkan banjir rob di pesisir Surabaya," katanya.

Bozem yang akan dikerjakan itu memiliki daya tampung yang berbeda-beda, mulai dari 1.000 meter kubik hingga 3.560.845 meter kubik. Hal ini disesuaikan dengan kapasitas penampungan air di setiap wilayah.

Sedangkan luas bozem juga beragam mulai dari luas 550 meter persegi sampai 791.200 meter persegi. “Yang di PTC itu masih proses kami kerjakan, satunya lagi ada Bozem Bandarejo Sememi di Kelurahan Sememi, Bonowo,” tuturnya.

BACA JUGA: Percepatan Pembangunan Bozem untuk Tingkatkan Kualitas Produksi Air 

Erna juga menyampaikan pihaknya juga akan memanfaatkan bozem tersebut untuk kolam pancing. Pada sejumlah bozem yang dibangun sebelumnya telah disebar benih ikan supaya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Sudah banyak yang seperti itu, kami minta ikan ke Dinas Perikanan, seperti di Waduk Selamet itu,” pungkasnya.

Meski begitu, kata Erna, siapapun dilarang menguras bozem. "Jangan sampai jika air sedang pasang lalu bozem dikuras hanya untuk mendapatkan ikan di dalamnya. Karena dikhawatirkan airnya akan meluber ke saluran di sekitarnya," katanya.

Seperti diketahui, saat ini pemkot telah memiliki 72 bozem yang memiliki total luas 1.513.535 meter persegi dan memiliki volume 6.164.889 meter kubik.

Baca Juga

loading...