Tersedia beragam kuliner hingga barang bekas.

Ini Enam Pasar Tradisional Rujukan Warga Surabaya

Nani Mashita

Kamis, 28 Maret 2019 - 14:34

JATIMNET.COM, Surabaya - Meski sudah berstatus kota metropolitan, pasar tradisional masih jadi rujukan belanja warga Surabaya. Yang menarik, pasar-pasar tradisional kini tidak lagi becek, berlumpur dan kumuh.

Pemkot Surabaya punya program merevitalisasi pasar tradisional menjadi lebih modern. Tujuannya, agar pembeli lebih nyaman berbelanja, dan mampu bersaing dengan pasar modern. 

Sejumlah pasar yang disulap menjadi lebih bersih, tentunya membuat pembeli lebih nyaman. Apalagi, harganya lebih murah ketimbang berbelanja di toko ritel modern. 

Enam pasar ini bisa punya kekhususan yang tak dimiliki pasar-pasar lainnya loh! 

1. Pasar Keputran
Pasar ini menjadi pasar induk, sebelum didistribusikan ke berbagai pasar kecil di Kota Surabaya. Berbagai macam jenis sayuran dan bahan makanan, dijual di pasar yang berada di Jalan Keputran ini. 

BACA JUGA: Ayam Goreng "Lombok Idjo" Menginvasi Pasar Kuliner Surabaya

Bila sebelumnya penjual meluber ke badan jalan, saat ini jauh lebih tertib. Sejumlah petugas Satpol PP berjaga untuk memastikan arus lalu lintas seputar pasar, tetap berjalan lancar. 

2. Pasar Ikan Gunungsari
Penghobi ikan hias di Surabaya punya jujukan baru, jika ingin menambah koleksinya. Pasar Ikan di Gunungsari, adalah pasar yang terbilang baru. 

Sebelumnya, para pedagang berjualan di tepi jalan Gunungsari. Pemkot Surabaya, akhirnya memindahkan mereka ke pasar yang lebih representatif.

BACA JUGA: Benang Sutra Pasuruan Belum Sanggup Penuhi Pasar Internasional

Segala jenis ikan dan peralatan memelihara ikan, tersedia disini. Harganya kompetitif loh.

3. Berburu oleh-oleh di Pasar Genteng  
Pasar Genteng dikenal sebagai lokasi untuk mencari oleh-oleh khas Surabaya. Lokasinya, berada di tengah-tengah kota Surabaya, tidak jauh dari Jalan Tunjungan.

Oleh-oleh seperti bandeng presto dan segala jenis krupuk, bisa diperoleh di sini. Pasar ini berada di jalur lalu lintas yang padat, jadi harus hati-hati saat menyeberang ya.  

4. Pasar Blauran
Jika kangen dengan makanan dan jajanan tradisional, maka perlu mampir ke Pasar Blauran. Makanan seperti lontong balap, soto atau bakso tersedia di pasar ini. Ada juga es dawet plus kue basah, seperti dadar gulung, donat, dan pia.

BACA JUGA: Tidak Pakai Sogok di Pasar Batok

Pengunjung tinggal duduk di kursi yang disediakan, pesan makanan, hap, lalu bayar. 

Selain makanan, Pasar Blauran juga terkenal dengan penjual buku baru dan bekas, serta dekat dengan sentra penjual emas. 

5. Pasar Bunga Bratang
Di antara pasar bunga yang ada di Surabaya, Pasar Bunga Bratang adalah pasar lawas yang tetap eksis sejak 1990 lalu.

Pasar Bunga ini adalah pasar yang paling lengkap, dibanding toko bunga lainnya. Misalnya, ketika di tempat lain sangat sulit untuk mendapatkan tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga), di sini pasti tersedia.

BACA JUGA: Uniknya Bertransaksi Menggunakan Tempurung Kelapa di Pasar Batok Blitar

Pasar Bunga Bratang ini berdiri di lahan lebih dari 2400 m2. Terdapat lebih dari 200 stan berukuran 3x4 meter di area pasar.
Pasar ini memiliki areal parkir yang aman, dan kebersihan pasarnya terjaga. 

6. TP Pagi
Namanya Pasar Pagi Tugu Pahlawan atau TP Pagi, adalah pasar dadakan yang ada di seputar ikon Kota Surabaya, Tugu Pahlawan.

Berbagai macam barang dijual di tempat ini, mulai pakaian, asesoris, jam tangan, peralatan rumah tangga, perhiasan, mainan anak-anak, sampai hewan peliharaan.

Namun, hampir 80 persen barang dagangan yang dijual merupakan barang bekas pakai. Seluruh harga yang ada di pasar ini bisa ditawar, bahkan 3 kali lebih murah dari harga yang disebutkan.  

BACA JUGA: Jokowi Kagumi Keindahan Arsitektur Pasar Badung

Puas berkeliling dan berbelanja, pengunjung bisa memilih aneka makanan seperti sate kelopo, lontong balap, nasi rawon dan sebagainya. Belum puas berbelanja, bisa mampir ke areal Tugu Pahlawan.

Pasar ini sangat ramai dikunjungi di hari Minggu, dan pengunjungnya bukan hanya dari Surabaya tapi dari berbagai kota di sekitar Kota Pahlawan seperti Gresik, Sidoarjo dan Lamongan.

Baca Juga

loading...