Marquez Percaya Rins Pesaing Terberat Perebutan Gelar Juara MotoGP

Rochman Arief

Senin, 6 Mei 2019 - 10:27

JATIMNET.COM, Jerez – Marc Marquez telah kembali ke posisi puncak usai memenangi balapan di sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu 5 Mei 2019. Secara otomatis, pebalap Repsol Honda itu menambah 25 angka untuk mengumpulkan togal 70 poin.

Namun poin itu cukup mepet dengan yang dikumpulkan penunggang Ecstar Suzuki, Alex Rins. Keduanya hanya terpisah satu poin di klasemen pebalap. Sementara pebalap Ducati Winnow, Andrea Doviziosi berjarak tiga poin dari Marquez.

Berkaca dari posisi klasemen dan capaian selama empat seri yang sudah berlalu, tidak tertutup kemungkinan perebutan gelar juara tersisa dua pebalap. Hal itu ditegaskan Marquez selepas balapan di Jerez kemarin petang.

“Sejak tes di Malaysia, saya katakan Rins akan meraimakan persaingan. Rins telah menyelesakan balapan dengan cara yang baik musim lalu. Musim ini dia memulai dengan cara yang baik dan ditunjukkan pada pra-musim,” kata Marquez seperti dikutip Crash.net, Minggu 5 Mei 2019.

BACA JUGA: Marquez Rebut Balapan di Jerez

Dia percaya Rins adalah satu-satunya pebalap yang bisa mengganjalnya menjadi juara dunia MotoGP 2019. Sedangkan persaingannya dengan Dovizioso hanya terlihat di awal musim.

Pebalap dengan julukan Baby Alien itu mengingatkan bahwa Rins tidak memiliki tekanan. Itu jika dibandingkan dengan pebalap lainnya, termasuk dirinya, yang dituntut menjadi (mempertahankan) juara.

“Saat ini (Rins) adalah lawan untuk perebutan gelar. Dia siap bertarung untuk kejuaraan, begitu juga dengan motornya. Ini penting, dan sangat penting dalam sebuah kejuaraan untuk memiliki lebih banyak pabrikan yang mementingkan gelar,” lanjut Marquez.

Berdasar empat balapan yang sudah berlalu, Rins telah mengoleksi sekali kemenangan di Circuit of The Americas (COTA), Texas, kemudian dia meraih runner up di Spanyol. Sebelumnya dia finish di urutan keempat pada balapan di Qatar dan melorot satu strip saat balapan di Argentina.

BACA JUGA: Quartararo dan Morbidelli Cetak Sejarah Rebut Pole Position

Bandingkan dengan dua pesaing lainnya, Valentino Rossi dan Dovizioso. Konsistensi Rins jauh lebih baik dibandingkan dengan duo Italiano itu. Dovizioso membukukan kemenangan di Losail (Qatar) kemudian finish di tiga besar di Argentina dan secara konsisten meraih posisi keempat di dua balapan terakhir.

Pada balapan di Jerez Marquez mengaku melihat Rins begitu dekat setelah lap ke-15. Uapaya melarikan diri dari Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli sudah berhasil. Namun dia melihat Rins melakukan tekanan meski selisih waktunya terpaut cukup jauh.

“Saya senang, senang bisa memenangkan balapan yang fantastis. Ini adalah target, karena setelah Austin saya ingin menang, dan saya berhasil,” tutup Marquez.

Baca Juga

loading...