Kuasa Hukum Klaim Ahmad Dhani Berpeluang Lolos Jeratan Hukum

M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 7 Mei 2019 - 20:38

JATIMNET.COM, Surabaya - Ahmad Dhani Prasetyo, terdakwa kasus ujaran kebencian atau hate speech menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota pembelaan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa 7 Mei 2019. Dalam pledoinya, Ahmad Dhani diklaim berpeluang bebas dari jerat hukum yang disangkakan jaksa penuntut umum.

Aldwin Rahardian Megantara, kuasa hukum terdakwa dalam pledoinya mengatakan, tuntutan jaksa tidak tepat. "Ada beberapa keterangan saksi menyebutkan kalau saksi pelapor melihat pertama kali vlog tersebut dari pesan singkat Whatsapp dan bukan dari Instagram yang diunggah terdakwa," ucapnya, Selasa 7 Mei 2019.

BACA JUGA: Ini Pesan Ahmad Dhani Menolak Takut Ancaman Wiranto

Kuasa hukum juga mengatakan pelapor tidak mengikuti (follow) akun Instagram dari Ahmad Dhani Prasetyo. "Tidak memenuhi unsur seperti yang disangkakan pada pasal 45 ayat 3 jo pasal 27 ayat 3 UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE," ucap Aldwin.

Karena itu, ia meminta majelis hakim memikirkan baik-baik ketika memutus perkara ini. Kuasa hukum berharap terdakwa dapat dibebaskan dari jeratan hukum. "Pasal yang disangkakan tidak tepat," beber Aldwin.

Ahmad Dhani juga sempat mengutip pesan yang pernah disampaikan Emha Ainun Najib atau Cak Nun dalam Surat An Nisa ayat 148.

"Seperti Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," ucap Ahmad Dhani yang dalam sidang itu mengenakan hem warna putih dan celana hitam serta songkok menyerupai surban warna hitam.

BACA JUGA: Usai Sidang Tuntutan, Ahmad Dhani Teriak Prabowo Menang

Usai mendengar pledoi terdakwa, Ketua Majelis Hakim R Anton Widyopriyono.akan melanjutkan sidang tersebut pada Selasa, 14 Mei 2019 dengan agenda Replik atau tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sidang saya tunda satu minggu lagi, sidang saya tutup," ucap Anton.

Baca Juga

loading...