Kasus Gus Nur yang Diduga Hina NU Segera Disidang

M. Khaesar Januar Utomo

Sabtu, 4 Mei 2019 - 22:30

JATIMNET.COM, Surabaya - Sugi Nur Raharja alias Gus Nur akan menjalani sidang perdana kasus ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU) dan Banser di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis, 23 Mei 2019.

“Sidang akan dipimpin hakim Slamet Riadi di Ruang Cakra PN Surabaya," kata Humas PN Surabaya, Sigit Sutriyono, Sabtu 4 Mei 2019.

Sigit mengatakan tidak ada perlakukan khusus dalam sidang ini seperti penambahan pengamanan. Ia menilai sidang kasus tersebut sama dengan sidang-sidang lainnya.

BACA JUGA: Berkas Gus Nur, Pendakwah Palu Dilimpahkan ke PN Surabaya

Selain itu, Sigit juga menyebutkan jika terdakwa tidak ditahan karena ancaman hukumannya di bawah lima tahun penjara.

Sebelumnya, Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jatim Asep Mariyono mengatakan jaksa penuntut dari Kejari Surabaya dan Kejati Jatim akan mengawal kasus ini di persidangan. "Karena memang kasus ini gabungan, jadi ada empat orang jaksa yang menangani," kata Asep.

BACA JUGA: Kejari Surabaya Fokus Pembuatan Surat Dakwaan Gus Nur

Untuk diketahui, Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, dilaporkan ke Polda Jatim karena diduga menghina Nahdhatul Ulama (NU) dan Banser melalui video berdurasi 26 detik yang diunggah di media sosial.

Gus Nur dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 tahun tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga

loading...