Jokowi Minta Pendukungnya Tunggu Hasil Resmi Pemilu dari KPU

Hari Istiawan

Rabu, 17 April 2019 - 17:57

JATIMNET.COM, Jakarta - Calon presiden petahana Joko Widodo meminta pendukungnya untuk menunggu hasil perhitungan resmi pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Dari indikasi exit poll dan quick count sudah kita lihat semua. Tetapi kita harus bersabar semua, menunggu perhitungan KPU secara resmi," kata Joko Widodo, di Djakarta Theater, Rabu 17 April 2019.

Pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin menurut sejumlah hasil quick count beberapa lembaga unggul dibanding pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan hasil resmi KPU ditargetkan akan dipublikasikan pada 22 Mei 2019.

BACA JUGA: Joko Widodo Menang di TPS Tempat Khofifah Mencoblos

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan dengan didampingi Ma'ruf Amin serta para ketua umum partai koalisi, yaitu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Odang, Ketua Umum DPP Pertindo, Harry Tanoe, dan Ketua Umum DPP PSI, Grace Natalie.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pemilu yang dinilai berhasil menghasilkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang jujur dan adil.

"Kita semuanya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPU, Bawaslu, DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum), sehingga proses pesta demokrasi pileg dan pilpres tadi pagi telah berjalan dengan jujur dan adil," tambah Jokowi.

BACA JUGA: BPN Prabowo-Sandi Klaim Menangi Pilpres Berdasarkan Exit Poll Internal

Tidak ketinggalan Jokowi berterima kasih kepada TNI dan Polri. "Terima kasih juga kita sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan pengamanan dan ketertiban sehingga semua berjalan baik," ungkap Jokowi.

Jokowi pun mengajak masyarakat untuk kembali bersatu pasca pemilu.

"Ketiga marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air setelah pileg dan pilpres persatuan kerukunan kita sebagai saudara sebangsa setanah air," tegas Jokowi.(ant)

Baca Juga

loading...