JATIMNET.COM, Surabaya - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di tempat pemungutan suara (TPS) 38 Jemurwonosari, Wonocolo, Surabaya. Capres petahana ini unggul 120 suara dari lawannya Prabowo-Sandiaga Uno.

Penghitungan suara Capres dan Cawapres di TPS tempat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berlangsung lancar. Beberapa kali petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengesahkan surat suara yang masuk.

"Nomor urut 01 Joko Widodo, sah ya," kata petugas KPPS saat melakukan penghitungan suara, Rabu 17 April 2019.

BACA JUGA: TPS Keliling Fasilitasi Hak Politik Pasien dan Tahanan

Dari 196 pemilih yang menggunakan hak suaranya, hanya dua dinyatakan tidak sah. Capres petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat perolehan suara 120 suara. Sedangkan penantangnya, Capres Prabowo-Sandi mengumpulkan 74 suara.

Khofifah sendiri menggunakan hak pilihnya di TPS 38 Jemurwonosari, Wonocolo, Surabaya, tadi pagi. Bersama empat anaknya, gubernur kelahiran Surabaya itu memasuki TPS sekitar pukul 08.15 dengan menggunakan baju putih.

Saat ditanya alasan memilih baju putih, Khofifah mengaku setiap kali mencoblos selalu memakai baju putih. Pilgub 2008, pilgub 2013, dan pilgub 2018 lalu pun ia bersama anak-anaknya menggunakan baju putih ketika mencoblos.

BACA JUGA: Kunjungan Mall Diprediksi Naik 50 Persen di Momen Politik

"Waktu Pilgub saya juga gunakan baju putih," kata Khofifah usai menyalurkan hak suaranya tadi pagi.

Pernyataan Khofifah itu menegaskan bahwa pemilihan baju putih bukan karena instruksi PWNU Jawa Timur dan seruan Capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin. "Di setiap pilgub saya juga kenakan baju putih," kata Khofifah.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengajak masyarakat untuk mengawal hasil pemungutan suara ini. Karena masih akan ada proses rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.