JATIMNET.COM, Surabaya - Nama diva pop Amerika Serikat, Janet Jackson akhirnya masuk dalam jajaran musisi yang menerima penghargaan Hall of Fame. Namun dia tidak tampil ke atas panggung, sebagai sikap protes kepada HBO.

Saluran televisi berbayar itu akan menayangkan pemberian gelar Hall of Fame. HBO juga menayangkan film dokumenter Surviving Neverland, yang berkisah tentang tuduhan paedofil terhadap kakaknya, Michael Jackson, seperti dilansir dari variety.com, Sabtu 30 Maret 2019.
 
Keluarga Jackson sudah menyatakan keberatan dengan film dokumenter tersebut. Film itu mengisahkan Wade Robson dan James Safechuck, yang mengaku jadi korban paedofil Michael.

BACA JUGA: Nicolas Cage Akhiri Empat Hari Pernikahannya

Selain Janet, musisi lain yang tidak hadir adalah Thom Yorke dari Radiohead. Dia mengatakan harus menghadiri even yang dijadwalkan jauh hari yaitu Paris Philharmonic. Radiohead melejit pada 1990-an berkat lagu balada Creep. Anggota Ed O'Brien dan Phil Selway menerima penghargaan tersebut atas nama kelompok.

Penghargan Hall of Fame tahun 2019 diberikan kepada Janet Jackson, The Cure, dan Radiohead. Selain itu, penyanyi folk rock legendaris, Stevie Nicks dari grup Fleetwood Mac. Juga ada nama Roxy Music, Def Leppard dan The Zombies yang masuk dalam daftar penerima penghargaan.

BACA JUGA: Sederet Artis Era 80-an Kunjungi Ahmad Dhani di Penjara
 
Meski Jackson tidak tampil, panggung Hall of Fame tidak sepi dari aksi para artis. Band metal asal Inggris, Def Leppard menyatakan merasa terhormat atas penghargaan ini dan mempersembahkannya untuk para fans.   

Adapun rocker Inggris, The Zombies, juga menerima penghargaan ini dan menjadikannya sebagai modal untuk tampil di ajang Woodstock yang pada 2019 berusia 50 tahun. "Kami bermain dengan gairah yang sama seperti yang kami lakukan saat berusia 18 tahun," kata pemain keyboard Rod Argent.

Ketujuh musisi hadir dalam gala dinner yang diselenggarakan di Barclays Center, di Brooklyn, New YOrk. Artis yang menerima penghargaan Rock and Roll Hall of Fame ini setidak-tidaknya berkarier selama 25 tahun setelah merilis album atau single pertama mereka.