Gempa terjadi pada Senin 22 April 2019 petang.

Gempa Filipina, 11 Tewas dan Puluhan Terjebak Reruntuhan Gedung

Dyah Ayu Pitaloka

Selasa, 23 April 2019 - 11:38

JATIMNET.COM, Surabaya –  Institut Vulkanologi dan Kegempaan Filipina melaporkan, gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Luzon pada pukul 17:11 waktu setempat, atau sekitar pukul 16:00 WIB, Senin 22 April 2019. 11 korban meninggal akibat gempa di Filipina.

Gempa juga merusak sebuah fasilitas bandar udara, serta menghancurkan dua gedung.

Pihak berwenang setempat mengkhawatirkan puluhan warganya masih terjebak di bawah reruntuhan gedung, di Provinsi Pampanga, Barat Laut Manila, dikutip dari Bbc, Selasa 23 April 2019.

Provinsi ini diduga sebagai tempat terparah yang hancur diguncang gempa. Gubernur Pampanga, Lilia Pineda, mengatakan kepada kantor berita Reuters, jika 20 orang terluka di wilayahnya.

BACA JUGA: Taiwan Diguncang Gempa 6,1 SR, Pemerintah Prediksi Gempa Susulan

“Kami bisa mendengar tangis kesakitan mereka” katanya menggambarkan warga yang terjebak di bawah reruntuhan. “Tidak mudah untuk menyelamatkan mereka,”.

Kepada televisi ABS-CBN, Pineda mengatakan bahwa tiga jenazah telah diselamatkan dari sebuah toko pasca gempa, sedangkan seorang perempuan dan cucunya ditemukan meninggal di kota Lubao.

20 korban telah diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit, katanya.

Gempa juga dirasakan di Manila, di mana gedung bertingkat di distrik bisnis terlihat bergoyang selama beberapa menit.

BACA JUGA: Hampir 80 Persen Bencana di Indonesia Terkait Hidroklimatologi

Bandar Udara Internasional Clark yang berjarak beberapa jam berkendara di Utara ibu kota, mengalami kerusakan mayor, dengan sekitar tujuh orang terluka.Instruktur bela diri Dani Justo mengingat, ketika gempa menguncang kediamannya.

“Baju yang kami gantung terlihat benar-benar berayun. Anjing saya Shih Tzu, terjatuh di atas tanah,” katanay kepada AFP.

Pengguna sosial media mengungah berbagai kerusakan akibat gempa, menggunakan sejumlah tanda pagar seperti #earthquake dan #earthquakepampanga.

Sejumlah video penyelamatan korban juga viral di media sosial.

Kelas di kampus De La Salle Manila diliburkan pada Selasa 23 April 2019, selama inspeksi gedung berlangsung.

Filipina adalah bagian dari cincin gunung api pasifik, zona aktivitas seismik utama dengan satu jalur patahan paling aktif di dunia.  

Baca Juga

loading...