JATIMNET.COM, Jakarta – BTN CLS Knights Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal ASEAN Basketball League 2019. Tiket tersebut didapat anak didik Brian Rowsom setelah membenamkan wakil Vietnam, Saigon Heat 68-56.

Dengan demikian, CLS Knights melengkapi tiga tim yang sebelumnya sudah lolos terlebih dahulu ke final four atau semifinal, Mono Vampire Basketball (Thailand), Hong Kong Eastern, dan Singapore Slingers.

Tampil di kandang sendiri, GOR Kertajaya Surabaya, Minggu 7 April 2019, tuan rumah sempat kesulitan mencetak poin. Namun kebuntuan itu berhasil dipecahkan Maxie Esho dkk hingga menutup laga.

Great job. Double champions for defence. Itu kunci kemenangan hari ini," kata pelatih BTN CLS Knights Brian Rowsom dalam komentar purnalaga yang dilansir keterangan resmi.

BACA JUGA: CLS Knights Buka Peluang Lolos Final FourABL

Bahkan dia berani memberi nilai sempurna untuk pertahanan pasukannya. Namun dia juga memberi poin buruk pada saat penyerangan.

“Anak-anak bermain sangat bagus dalam bertahan, saya nilai 10 untuk pertahanan di pertandingan ini, tapi lima saat menyerang,” katanya menambahkan.

CLS memang tampil begitu rapat di laga kali ini, sehingga Heat hanya bisa meraih poin 22 kali dari 71 percobaan tembakan mereka sepanjang laga.

Tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu juga tampil cukup bersih, sehingga hanya melakukan sedikit sekali pelanggaran yang cuma berbuah tujuh lemparan bebas untuk Heat.

BACA JUGA: CLS Jalani Babak Play Off untuk Tiket Semifinal ABL

Maxie Esho jadi bintang kemenangan lewat 20 poin dan sembilan rebound. Sementara rekannya, Darryl Watkins walau cuma menyumbangkan enam poin, tapi perkasa melakukan lima block shot sepanjang laga.

Kemenangan itu membuat CLS unggul 2-1 atas Heat pada fase perempat final. Selanjutnya BTN CLS Knights bakal bersua dengan wakil Thailand, Mono Vampire Basketball.

Laga semifinal pertama bakal dilangsungkan di Kertajaya pada 21 April, dan tiga hari kemudian melawat ke kandang Mono Vampire. Jika dibutuhkan CLS akan menggelar laga ketiga pada 28 April. (ant)