Bentuk SDM Berkualitas, LSPTTI MoU dengan UMKT

Bruriy Susanto

Sabtu, 4 Mei 2019 - 06:02

JATIMNET.COM, Surabaya - Dalam menjamin kualitas sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI) menggelar uji kompetisi. Salah satunya melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadyah Kalimantan Timur (UMKT).

Menurut Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) Petrosite Indonesia Herjuna, uji kompetisi nantinya diselenggarakan sama pihak Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yakni satu-satunya badan yang berwenang mengesahkan sertifikat. Hal ini sesuai ketentuan dengan undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003.

"MoU ini LSPTTI menyediakan 78 skema atau item sertifikasi sesuai dengan standart kompetensi kerja nasional Indonesia," kata Herjuna, Jumat 3 Mei 2019 di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Repsol Akan Percepat Produksi Migas Blok Saka Kemang

Ketua LSPTTI Edie Trisna Rustama juga menyampaikan, kerja sama antara LSPTTI dengan UMKT itu bentuk mendukung dalam upaya meningkatkan SDM para sarjana dari lulusan UMKT yang siap kerja. Ke depannya pemilik sertifikasi tidak harus mencari kerja di jawa lagi, cukup di UMKT sudah ada.

"tenaga ahli yang akan dikirim untuk UMKT ada 7 orang. Dan semoga berjalan lancar sesuai harapan kita (BNSP Maupun UMKT)," ujar Edie Trisna Rustama.

Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) Ghozali mengatakan, kerja sama dengan pihak LSPTTI itu bukan system berkala, melainkan berkesinambungan. Di samping itu, dengan kerja sama ini UMKT akan menambahkan program study baru, termasuk fasilitas untuk program yang sesuai dengan tujuh tenaga ahli.

"Awalnya, program study di UMKT didominasi bidang kesehatan/medis. Adanya kerja sama yang multi efek yakni untuk penambahan bekal siap bersaing di dunia kerja, semakin mantap sekaligus UMKT tak perlu lagi mencari, sertifikat di Jawa," katanya.

BACA JUGA: SKK Migas Pastikan Eksplorasi Hulu tidak Terganjal Dampak Lingkungan

Bagian Administrasi LSPTTI Agus Setyawan, menjelaskan penandatanganan MoU kerjasama dengan tujuan agar lulusan MUKT bisa bersaing di dunia kerja, karena Sertifikasi Profesi dengan LSPTTI berbasis kompetensi.

Nantinya, masih kata Agus, sertifikasi kompetensi itu dari BNSP lewat tangan LSPTTI dengan Petrosite Indonesia dan Petrocamp Migas Cepu. Seperti bidang K3 muda dan migas, operator alat berat, alat angkat dan angkut.

"Semuanya itu harus melewati tahapan dan uji hingga nantinya terbentuklah individu berkompeten, mampu bersaing dan siap kerja. Dan saat ini kita sudah memilki 70 skema," kata Agus

Baca Juga

loading...