Bea Cukai Probolinggo Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal, Miras, dan Vape

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Rabu, 7 Agustus 2019 - 13:39

JATIMNET.COM, Probolinggo - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Probolinggo, memusnahkan jutaan rokok, minuman keras ilegal dan cairan vape di Halaman Kantor KPPBC, Areal Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Rabu 7 Agustus 2019.

Pemusnahan dilakukan secara dibakar, dan dihancurkan menggunakan palu. Mereka yang terlibat dalam pemusnahan meliputi unsur Polri, TNI, kejaksaan, pengadilan dan pemerintah daerah setempat.

Kepala Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jatim II, Agus Hermawan mengatakan, pemusnahan barang milik negara hasil penindakan tersebut dilakukan, setelah terbukti melanggar UU Nomor 39 Tahun 2007, Tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Cukai.

Menurut Hermawan, barang sitaan yang dimusnahkan nilainya mencapai angka setengah miliar rupiah, dengan total kerugian negara sekitar Rp 255 juta.

BACA JUGA: Palestina Minta Indonesia Bebaskan Bea Masuk 61 Produknya

Selain tanpa cukai, sejumlah merek rokok yang diamankan umumnya diplesetkan layaknya merek rokok aslinya.

“Barang bukti yang dimusnahkan ini, adalah hasil serangkaian kegiatan kepabeanan dan cukai. Di mana diperoleh dari jalur darat dan laut, baik melingkupi wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo dan Lumajang,”jelasnya.

Agus menjelaskan, penindakan secara tegas dipilih lantaran Jawa Timur merupakan penghasil cukai terbesar secara nasional, serta untuk mewujudkan aktualisasi zona integritas.

“Pemusnahan barang sitaan, tidak hanya kami lakukan saat ini. Namun penindakan khususnya pengawasan, akan terus kami galakkan,”pungkasnya.

BACA JUGA: 58 Kontainer dari Amerika dan Jerman Juga Ditahan Bea Cukai

Sementara Kepala KPPBC Probolinggo, RM Agus Eka Widjaja menyebut, jika barang sitaan yang berhasil diamankan petugas didapat sejak Januari hingga Juli 2019.

“Barang-barang yang dimusnahkan ini, terbukti melanggar 54,55,56 Undang-Undang No. 39 Tahun 2007 Tentang Cukai,” ujarnya.

Sekedar informasi, untuk rincian barang sitaan yang dimusnahkan petugas terdiri 672.210 batang rokok, 298 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dan 371 botol cairan vape.

Baca Juga

loading...