JATIMNET.COM, Surabaya – Pernah melihat video orang terpental kemudian oleng saat tertabrak mobil? Nah, seperti itulah kondisi nyamuk saat terhantam bulir air hujan dari langit. Efeknya hampir mirip, terhuyung-huyung, kemudian jatuh. Uniknya dia terbang lagi.

Ada keunikan pada tubuh nyamuk saat terkena tetesan air hujan yang bebannya 50 kali lebih berat dari bobot tubuhnya. Keahlian nyamuk untuk selamat dari hujan ini mungkin menjadi kunci bagaimana mereka bertahan hidup saat musim hujan.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, tim dari Georgia Institute of Technology (GT), Amerika Serikat mengungkap kekuatan kulit eksternal dan masa tubuh yang ringan pada nyamuk membuatnya seperti kebal saat terjebak dalam tetesan cairan, termasuk hujan.

Ilmuwan menunjukkan nyamuk akan menempel pada air dan jatuh sebelum membebaskan diri, kemudian terbang tanpa cedera sedikit pun. “Air hujan jatuh secepat komet dan bukannya melawan tekanan air hujan yang menimpanya, nyamuk justru membonceng air hujan, seperti penumpang gelap," kata David Hu, dosen biologi dan teknik mekanika di Georgia Tech, yang mengepalai studi itu.

Dengan menempel dan jatuh bersama air hujan, nyamuk dapat memperkecil tekanan yang dihasilkan oleh tetesan air. Untuk meneliti teknik pertahanan nyamuk tersebut, dia membuat eksperimen yang membombardir nyamuk dengan tetesan air. Tujuannya untuk melihat bagaimana respons serangga tersebut.

Dalam jurnal laporan itu, David Hu dan timnya juga membuat ilustrasi foto bagaimana penelitian itu dilakukan. Mereka menempatkan nyamuk dalam kandang kawat yang bergetar setiap beberapa detik untuk mencegah nyamuk mendarat. Mereka juga menjatuhkan "bom" air pada serangga itu dengan kekuatan setara hujan badai.

Meski air hujan itu 50 kali lebih berat daripada bobot nyamuk, terbukti tumbukan itu tidak fatal. Dorongan air hujan sempat membuat nyamuk berputar di udara, tapi mereka segera pulih. Nyamuk sempat jatuh bersama air hujan sebelum melepaskan diri dari air dan kembali terbang.