Aprindo Optmistis Konsumsi Tumbuh Lima Persen Lebih

Baehaqi Almutoif

Senin, 8 April 2019 - 08:27

JATIMNET.COM, Surabaya – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprediksi tren pertumbuhan konsumsi barang ritel dan fast moving consumer goods (FMCG) tahun ini bakal lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Prediksi peningkatan tersebut terjadi di atas lima persen pada semester I tahun 2019 ini.

Banyaknya momentum, seperti kegiatan politik, lebaran, dan tahun ajaran baru mampu mendongkrak peningkatan konsumsi. Koordinator Wilayah Indonesia Bagian Timur Aprindo Abraham Ibnu optimis momentum itu bisa mendorong pertumbuhan konsumsi ritel.

BACA JUGA: Pertumbuhan Ritel Modern Melambat Dua Tahun Terakhir

“Transaksi ritel akan naik karena momentum pilpres, misalnya membeli kaus warna putih untuk dipakai waktu coblosan. Kemudian belanja makanan dan minuman kemasan,” ujar Ibnu, Senin 8 April 2019.

Jika dilihat dari pertumbuhan Januari 2019 dibanding Desember 2018 yang mencapai 2,3 persen, Ibnu optimis mampu pertumbuhan bisa melewati lima persen pada semester I ini. Terlebih kuartal ketiga 2018 bisnis ritel mencatatkan pertumbuhan 5-7 persen.

Sementara meski tinggi di Semester I, pola konsumsi masyarakat umumnya setelah Lebaran kembali normal atau justru turun. Diperkirakan kenaikan baru terjadi kembali semester II saat momen Natal dan tahun baru.

BACA JUGA: Toko Online Dianggap Bukan Penyebab Bisnis Ritel Lesu

“Sebagai pembanding, pada kuartal empat 2018 kemarin, tingkat konsumsi pribadi untuk barang ritel mencapai 5,1 persen atau naik tipis dibandingkan pertumbuhan pada kuartal empat 2017 yang mencapai lima persen,” jelasnya.

Selain pertumbuhan konsumsi cukup bagus, Ibnu juga optimis pertumbuhan investasi bisa tumbuh lebih besar. Meskipun sebenarnya pertumbuhan tahun lalu sedikit merosot karena berada di posisi enam persen, sedangkan pertumbuhan tahun 2017 menyentuh 7,3 persen.

Saat ini anggota Aprindo Indonesia Bagian Timur terdapat 12.400 outlet ritel dengan omzet rata-rata mencapai Rp 14 triliun per tahun.

Baca Juga

loading...