Pertumbuhan Ritel Modern Melambat Dua Tahun Terakhir

Baehaqi Almutoif

Senin, 1 April 2019 - 20:20

JATIMNET.COM, Surabaya - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat kinerja rata-rata ritel melambat dalam dua tahun terakhir. Bahkan, mulai 2017 pertumbuhan ritel hanya mencatatkan satu digit.

Padahal menurut Koordinator Wilayah Timur Aprindo Abraham Ibnu, sebelum tahun 2016 mampu tumbuh dua digit.

"Biasanya kalau ritel itu dari tahun ke tahun seperti 2014, 2015, 2016 bisa dua digit," ujar Ibnu usai mengisi Focus Group Discussion (FGD) Persaingan Pasar Tradisional Vs Modern dalam Perdagangan FMCG yang diselenggarakan Forum Jurnalis Ekonomi Bisnis Surabaya di Surabaya, Senin 1 April 2019.

BACA JUGA: Sebelas Pasar di Jawa Timur Direvitalisasi

Melambatnya pertumbuhan ritel, lanjutnya, dipengaruhi bergesernya perilaku konsumen yang beralih ke daring atau market place. Konsumen tidak lagi konsen terhadap belanja di ritel modern.

Namun, mulai tahun ini, Aprindo optimistis pertumbuhan ritel lebih tinggi dari dua tahun lalu. Hasil survei menunjukkan konsumen mulai kembali ke perilaku belanja awal.

Orang lebih senang memegang barang yang ingin dibeli terlebih dahulu dan mencobanya. Kembalinya perilaku ini membuat pembelian daring tidak sampai 2 persen dari transaksi ritel.

BACA JUGA: Sejumlah Komoditi Deflasi Jelang Bulan Ramadan

"Transaksi ritel di Indonesia itu Rp 200 trilliun tahun lalu, kita berharap di tahun-tahun ini di mana pemerintah juga akan lebih memacu harmonisasi undang-undang dan lain-lain, itu pasti penjualan juga meningkat," bebernya.

Awal tahun ini, Januari 2019 dibanding Desember 2018 saja sudah mampu mencatat pertumbuhan 2,3 persen. Ibnu optimis tren itu terus meningkat di tahun politik. Momen Pemilu mampu mendongkrak pertumbuhan ritel modern.

"Kalau dari segi nilai, itu sudah mulai terlihat peningkatan transaksi, kebutuhan dana pemerintah cukup besar untuk transaksi di toko-toko retail. Lalu untuk beli baju dan kaos yang warnanya seragam, seperti nanti jangan lupa tanggal 17 (April) harus pakai baju putih belinya di ritel. Ada momentum lah sekarang," katanya.

Baca Juga

loading...