Nasdem : Soekarwo memenangkan Jokowi

Nani Mashita

Minggu, 28 Oktober 2018 - 13:10

JATIMNET.COM, Surabaya - Arah dukungan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Soekarwo di Pilpres 2019 makin jelas. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu memilih mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Memang bukan Soekarwo sendiri yang mengungkap dukungannya, melainkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Dia mengatakan Pakde Karwo sudah punya komitmen memenangkan pasangan 01.

"Sudah pasti. Pakde akan berbuat apa saja untuk memenangkan Jokowi," ujar Surya Paloh usai Apel Siaga Partai Nasdem Jawa Timur di Jatim Expo, Minggu 28 Oktober 2019.

Paloh panggilan akrabnya itu mengaku berkawan dekat selama puluhan tahun dengan soekarwo yang juga Gubernur Jatim itu. Namun dia membantah ada upaya membajak dukungan Soekarwo kepada Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Baca Juga : Menangkan Jokowi, Ketua Bapilu Nasdem Jatim Targetkan 70 Persen Suara

Dia juga mengatakan belum akan mengajak Soekarwo ke dalam Partai Nasdem. "Gak ada lah itu bajak membajak dukungan. Coba kamu tanya aja ke Pakde," katanya.

Partai Demokrat sejatinya menyatakan dukungan ke Prabowo-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Namun Soekarwo pernah mengungkap survei internal PD Jatim, ada 157 pengurus itu mendukung Jokowi, dan 56 pengurus mendukung Prabowo.

Relawan JoWo yang dipimpin Martono juga menyatakan diri sebagai pendukung Jokowi. Saat itu Soekarwo masih membantah sudah pindah dukungan ke pasangan Jokowi KH Maruf Amin. Ia hanya mengatakan orang-orang yang ada di dalam relawan JoWo adalah kawan karibnya sehingga deklarasi itu tidak diprotes.

Namun sikap Demokrat Jatim soal Pilpres 2019 secara tak langsung berubah dan diungkapkan Soekarwo saat diwawancarai JatimNet. Menurutnya, meski ada kader Demokrat Jatim terlibat struktur tim pemenangan Prabowo-Sandiaga, partainya diminta Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk lebih fokus menambah perolehan kursi pada pemilihan legislatif.

Apakah itu berarti Demokrat tak sepenuh hati (all out) memenangkan pasangan Prabowo-Sandi? “Iya, sudah out gak pake all,” katanya.

Baca Juga

loading...