989 Penumpang KRI Makassar Tiba di Tanjung Perak

Baehaqi Almutoif

Senin, 3 Juni 2019 - 21:20

JATIMNET.COM, Surabaya - Sebanyak 989 pemudik dari Balikpapan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dengan menggunakan KRI Makassar, Senin 3 Juni 2019.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi terselenggaranya mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub yang di dukung oleh TNI AL.

“Kami mengucapkan terima kasih bahwa keluarga, kerabat, sanak saudara dari masyarakat kami (Jatim) bisa berkumpul di hari yang spesial pada Lebaran kali ini,” ujar Emil melalui keterangan resmi, Senin 3 Juni 2019.

BACA JUGA: Puncak Arus Mudik, Tol Paspro Capai 23 Ribu Kendaraan

Menurut Emil, program mudik yang dilakukan oleh pemerintah menggandeng beberapa instansi sangat membantu masyarakat Jawa Timur.

“Ini menunjukkan bahwa mudik gratis ini sangat bermanfaat. Tadi, kami bertanya kepada pemudik ada yang dari Lumajang ada yang dari Madura serta dari Bojonegoro,” tuturnya.

Emil juga memastikan pemudik yang tiba di Dermaga Tanjung Perak Surabaya langsung disediakan bis sebagai koneksi menuju ke tempat asal. “Kami sediakan angkutan bis untuk memberikan koneksi kepada pemudik dengan semua tujuan di Jatim,” jelasnya.

BACA JUGA: Pelni Angkut 10 Ribu Pemudik dari Tanjung Priok

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan mudik gratis ini merupakan kerjasama yang telah terjalin dengan baik bersama TNI AL. Ada tiga KRI yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat.

“Yakni dari Makassar-Surabaya, Jakarta-Panjang juga menuju ke Pontianak. Ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang baik bantuan dari TNI AL dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Budi Karya Sumadi.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto mengatakan, KRI Makassar mampu mengangkut 1.500 penumpang.

Baca Juga

loading...