1.022 WNI di Rusia Ikut Pilih Presiden

Dyah Ayu Pitaloka
Dyah Ayu Pitaloka

Sabtu, 9 Maret 2019 - 11:32

JATIMNET.COM, Surabaya – Kedutaan Indonesia di Rusia mencatat terdapat 1.022 warga negara Indonesia (WNI) terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2019, termasuk Pemilihan Presiden April nanti.

Lebih dari 50 persen WNI adalah pelajar. Sementara sisanya adalah tenaga kerja terlatih dan profesional.

"Pemungutan suara di Rusia dilaksanakan pada 14 April, tetapi penghitungan suara tetap dilaksanakan pada 17 April 2019," kata Duta Besar RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi Jumat 8 Maret 2019.

Dalam pemilihan nanti KBRI Moskow hanya menyediakan satu tempat pemungutan suara (TPS). Sebab sekitar 50 persen pemilih akan mengirimkan surat suara mereka ke KBRI.

BACA JUGA: Kapal Api Masuk Pasar Rusia Setelah Pop Mie

Sementara bagi wisatawan Indonesia yang ingin memberikan suara dalam Pemilu 2019 dapat melakukan secara langsung di TPS yang bertempat di KBRI Moskow, dengan menunjukkan paspor mereka. Meskipun hak itu hanya bisa diberikan jika ada surat suara tersisa.

"Tetapi tergantung pada ketersediaan surat suara, kalau ada sisanya biasanya mereka kami persilakan mengisi surat suara beberapa jam sebelum penghitungan suara," kata Dubes Wahid.

Setelah dua kali melakukan pembaruan basis data dan verifikasi pada 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mendaftar 2,05 juta WNI di luar negeri yang memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019.

BACA JUGA: Altet Lompat Tinggi Rusia Dihukum Empat Tahun

Meskipun demikian, data tersebut bersifat dinamis mengingat jumlah WNI yang masuk dan meninggalkan Indonesia sekitar 30 ribu orang setiap tahun. (Ant)

Baca Juga

loading...