Whatsapp Bikin Fitur untuk Cegah Berita Hoax Viral

Nani Mashita

Senin, 25 Maret 2019 - 18:54

JATIMNET.COM, Surabaya – Whatsapp punya fitur baru untuk mencegah penyebaran berita bohong. Fitur ini bisa membantu pemakainya, mengetahui berapa kali sebuah pesan telah dibagikan, dan melakukan cek fakta atas isi pesan itu. 

Whatsapp tengah melakukan uji coba dalam bentuk beta versi 2.19.80. Fitur pendeteksi hoaks milik Whatsapp, kali ini jauh lebih mudah digunakan, dilansir dari ubergizmo.com, Senin 25 Maret 2019,.

Pada dasarnya, fitur baru ini tetap meminta penggunanya untuk teliti, meneruskan kabar yang diterima dari Whatsapp. Caranya, dengan mengecek lewat Forwading Info yang tersedia di bagian Message Info.

Di fitur ini, akan terungkap berapa kali pesan tersebut telah dibagikan.

BACA JUGA: WhatsApp Hapus 2 Juta Akun Hoaks

Jika sudah diteruskan sebanyak 100 kali, Whatsapp menyarankan pengguna untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, sebelum meneruskan ke kontak yang lain.

Perhatikan bahwa informasi ini hanya tersedia untuk pesan terkirim, karena pengguna hanya dapat menavigasi pesan yang dikirimkan, ke Message Info.

Jika ingin tahu berapa kali pesan yang diterima telah diteruskan, pengguna dapat meneruskannya dan memeriksa jumlah, di Info Pesan.

Fitur ini, akan diluncurkan dalam pembaruan beta berikutnya, untuk semua pengguna dalam waktu dekat.

BACA JUGA: WhatsApp Kini Dilengkapi Fitur Face IDdan Sidik Jari

Whatsapp sebelumnya telah memperkenalkan fitur baru, di mana mereka mulai memberi label pesan yang diteruskan.

Aplikasi perpesanan daring ini, juga mulai membatasi berapa kali pesan dapat diteruskan, yaitu maksimal lima kali. Fitur ini sebagai upaya untuk mencoba dan mengurangi dampak berita palsu, ketika viral.  

Baca Juga

loading...