Volume Bongkar Muat di TPS Tumbuh 7,61 Persen

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 6 April 2019 - 15:20

JATIMNET.COM, Surabaya - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) mencatatkan pertumbuhan positif di triwulan I 2019 di angka 7,61 persen dibanding periode sama 2018.

"Volumenya setara di atas 370 ribu TEUs (twenty-foot equivalent unit)," kata Public Relations PT TPS Muchammad Sholeh saat konferensi pers di kantor TPS Tanjung Perak, Sabtu 6 April 2019.

Ia optimistis tren ini terus berlanjut hingga akhir tahun. Ditargetkan sampai Desember 2019 jumlah bongkar muat di Terminal Petikemas Surabaya tumbuh di atas 3 persen dari tahun lalu, yang mencatat bongkar muat kontainer 1,4 juta TEUs.

BACA JUGA: Pelindo Rumuskan Tarif Alih Muat Petikemas Domestik

Patokan target tersebut didasari semakin banyaknya kapal dengan muatan besar yang bersandar di terminal petikemas Tanjung Perak. Sejak selesainya pendalaman kolam, telah ada dua kapal besar yang melakukan bongkar muat di TPS.

Terbaru kapal berbendera United Kingdom MV Holsatia sandar di TPS mulai Jumat 5 April 2019. Kapal dengan muatan 3.100 box atau 4.600 TEUs. Kapal dengan rute Singapura-Surabaya-Singapura ini jadi yang pertama bersandar dengan volume di atas 4 ribu TEUs.

"Kapal besar tentutnya akan berkunjung secara rutin. Untuk yang dari London ini setiap Rabu dan Sabtu. Kalau melihat tren memang akan terus berdatangan, semoga kapal besar," tuturnya.

BACA JUGA: Kenaikan Petikemas Pelindo III Didorong Peningkatan Ekspor

Saat ini kedalaman kolam di dermaga Internasional Petikemas Surabaya Tanjung Perak sejak tengah tahun lalu sudah semakin bertambah. Dari yang sebelumnya -10 meter LWS (low water spring/rata-rata muka air laut), kini menjadi -13 meter LWS kedalamannya.

Dengan kedalaman seperti itu, dermaga ini mampu menampung kapal jenis Penamax dengan panjang 261 meter dan bermuatan 4 ribu TEUs.

Baca Juga

loading...