Sepuluh Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Hari Istiawan

Kamis, 13 Juni 2019 - 09:11

JATIMNET.COM, Surabaya – Tubuh manusia memerlukan air 7-8 liter setiap hari. Meski kebanyakan orang suka minum air normal, para peneliti mengungkapkan bahwa minum air hangat memiliki beberapa manfaat eksklusif untuk kesehatan Anda.

Mengutip Boldsky.com, Kamis 13 Juni 2019, dalam pengobatan Tiongkok dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantu memulai sistem pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Minum air hangat bisa meredakan hidung tersumbat dan bahkan bisa membuat Anda merasa rileks.

Air hangat adalah pengatur tubuh alami dan meminumnya bisa menjadi langkah mudah menuju kehidupan yang sehat. Minum air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan saluran hidung, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Tips Hindari Strok dengan Perbanyak Asupan Air Saat Mudik

Minumlah air hangat setiap habis makan atau minumlah tiga atau empat kali setiap minggu secara teratur. Banyak orang mengikuti minum air hangat sebagai obat kesehatan holistik, di mana hal itu dilakukan pertama kali di pagi hari atau tepat sebelum tidur untuk kesehatan yang optimal.

Berikut 10 manfaat minum air hangat untuk kesehatan:

1. Membantu pencernaan

Minum air hangat membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan Anda. Saat air hangat melewati perut dan usus Anda, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah dengan cepat. Selain itu, ia bertindak sebagai pelumas yang membuat pencernaan Anda terus berjalan

BACA JUGA: Tujuh Latihan yang Efektif Tingkatan Memori Otak

2. Menyembuhkan sembelit

Masalah perut umum yang berkembang karena kelangkaan air dalam tubuh, sembelit disebabkan ketika tinja yang tertimbun di usus mengurangi pergerakan usus. Sembelit membuat buang air besar menjadi sulit dan kadang-kadang bisa sangat menyakitkan. Meminum segelas air panas akan membantu usus untuk berkontraksi dan membuang limbah lama dari tubuh.

3. Meredakan hidung tersumbat

Uap dari air panas bisa meredakan sakit kepala karena sinus. Mengambil inhalasi uap yang dalam ini akan melonggarkan sinus yang tersumbat dan karena Anda memiliki selaput lendir di leher Anda, minum air panas akan mencegah pembentukan lendir.

4. Menenangkan sistem saraf

Minum air panas dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat Anda dan melumasi tubuh Anda.

BACA JUGA: Amankah Teh Mutiara untuk Pencernaan?

5. Membantu penurunan berat badan

Minum air panas membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu penurunan berat badan. Pada minum air panas, tubuh Anda menurunkan suhu internal Anda, meningkatkan metabolisme Anda.

Minum segelas air panas atau hangat dengan lemon atau madu atau keduanya, setiap selesai makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengendalikan keinginan makanan dan sangat ideal untuk orang-orang yang melakukan diet alkali.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Air panas membantu memecah timbunan lemak dan timbunan lemak di sistem saraf. Ini, pada gilirannya, meningkatkan sirkulasi darah dalam sistem Anda karena air hangat membantu organ peredaran darah Anda untuk mengembang dan membawa darah secara lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

7. Menghilangkan racun

Minum air panas membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh, sehingga membersihkan sistem Anda. Ketika Anda minum air hangat secara teratur, sistem endokrin tubuh Anda aktif menyebabkan Anda berkeringat. Ini membantu menyingkirkan racun dan menghilangkannya dari tubuh.

BACA JUGA: Lima Jenis Pekerjaan Ini Berbahaya untuk Kesehatan Paru-paru

8. Meredakan rasa sakit

Minum air hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan, memungkinkan otot untuk rileks. Ini dapat membantu dengan semua jenis rasa sakit mulai dari nyeri sendi hingga kram menstruasi. Jika Anda menderita sakit perut, sakit kepala, atau tubuh sakit, minumlah segelas air panas untuk mendapatkan bantuan instan.

9. Mengelola stres

Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa stres, minumlah air hangat untuk meredakan stres. Kortisol adalah hormon stres yang menyebabkan stres pada Anda. Efek air hangat merilekskan otak Anda dan menenangkan Anda, sehingga mengurangi tingkat stres Anda.

10 Mengurangi nyeri haid

Salah satu manfaat utama dari minum air panas adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas dari air menghasilkan efek menenangkan dan menenangkan pada otot-otot perut, sehingga mengurangi kejang dan kram.

Baca Juga

loading...