Sejumlah Hewan Kurban di Blitar Terkena Penyakit Mata

Yosibio

Reporter

Yosibio

Selasa, 6 Agustus 2019 - 14:30

JATIMNET.COM, Blitar – Petugas Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kota Blitar, menemukan sejumlah hewan kurban sapi dan kambing terkena penyakit mata, Selasa 6 Agustus 2019.

Petugas kemudian memgambil tindakan dengan memberikan obat antiseptik ke beberapa hewan yang terkena penyakit mata.

"Penyakit itu tidak membahayakan manusia tapi dapat menular ke sesama hewan," kata Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Dewi Masitoh kepada wartawan, Selasa 6 Agustus 2019.

Dalam sidak kali ini, petugas juga mengecek suhu badan, gigi, dan pemeriksaan kesehatan lainya pada beberapa sapi dan kambing di pasar hewan.

BACA JUGA: Pemkot Beri Tips Pilih Hewan Kurban Cara Kasat Mata

Petugas juga memberi tanda pada hewan yang selesai diperiksa agar konsumen yang akan membeli hewan kurban terjamin. Rata-rata yang diperiksa suhu tubuhnya normal meskipun ada juga yang mengalami stres.

"Suhu tubuh normal untuk kambing dan sapi 39 derajat celcius. Tadi juga mendapati kambing yang tidak mau makan. Langsung kami beri vitamin," imbuh Dewi.

Pemeriksaan hewan kurban ini, kata dia, untuk mencegah penularan penyakit berbahaya pada hewan yang dapat menular ke manusia.

Ia menyebut, sejumlah penyakit berbahaya pada hewan yaitu, anthrax, brucellosis, dan tuberkolosis. Jika ditemukan hewan kurban dengan jenis penyakit berbahaya ini akan dilakukan tindakan lanjutan agar konsumen terhindar dari penyakit hewan berbahaya.

BACA JUGA: Pengiriman Sapi dari Madura ke Probolinggo Naik 20 Persen

Selain di pasar hewan, petugas juga memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di pinggir jalan dan di rumah pedagang. "Kami akan terus keliling melakukan pemeriksaan hewan kurban sampai hari H penyembelihan," kata Dewi.

Seorang pedagang kambing di Pasar Hewan Dimoro, Suroso mengaku senang dengan adanya pemeriksaan hewan kurban.

Pedagang bisa memberikan obat untuk hewan yang kurang sehat dan bisa pulih untuk dijual karena hari H semakin dekat. Apalagi, harga kambing kini sudah mulai naik sekitar Rp 500 ribu dari sebelumnya Rp 3,5 juta menjadi Rp 4 juta.

BACA JUGA: Sapi Jadi Pilihan Pembeli, Harga Kambing Justru Turun di Ponorogo

"Penjualannya juga sudah meningkat. Ini tadi saya bawa lima ekor sudah laku satu," katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Blitar M Solekhan yang ikut sidak mengimbau masyarakat agar sebelum menyembelih hewan kurban memastikan dalam kondisi sehat serta cukup umur sesuai dengan syariat Islam.

"Syarat sah hewan layak dikurbankan pertama gemuk, tidak cacat atau tanduknya lengkap, usia juga sudah cukup umur, dan hewan sehat suhu badannya sampai 39 derajat celsius," jelasnya.

Baca Juga

loading...