Rekapitulasi Suara di KPU Surabaya Tersisa Tujuh Kecamatan

Hari Istiawan
Hari Istiawan

Senin, 6 Mei 2019 - 23:40

JATIMNET.COM, Surabaya - Rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Jawa Timur, sejak 30 April lalu hingga saat ini tersisa tujuh kecamatan yang belum direkap.

"Kami upayakan cepat selesai," kata Komisioner KPU Surabaya Wahyu Kuncoro, Senin 6 Mei 2019.

Adapun jadwal kecamatan yang melakukan rekapitulasi di KPU Surabaya pada hari Senin meliputi Kecamatan Krembangan, Sukomanunggal, Tandes, Kenjeran dan Wonokromo yang baru mengirim di waktu sore.

BACA JUGA: KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tingkat Provinsi

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab molornya rekapitulasi seperti faktor kelelahan para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan kehati-hatian dalam melakukan penghitungan.

"PPK tidak mau buru-buru, ingin melaksanakan rekapitulasi benar-benar sesuai prosedur yang ada," katanya.

Ia mengakui, pada pelaksanaan pemilu 2019 terdapat kompleksitas penghitungan karena ada lima jenis surat suara, sekaligus formulir yang harus disiapkan. Jika ada perbaikan, lanjut dia, maka pelaksanaannya dilakukan dengan hati-hati.

BACA JUGA: Di Surabaya, Jokowi-Maruf Unggul 77 Persen di 18 Kecamatan

"Perolehan suara yang dituangkan dalam form DA-1 dan DAA-1 betul-betul berintegritas dan terbuka. Semuanya sesuai yang ada di lapangan," katanya.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya Yaqub Baliyya mengatakan secara umum pelaksananaan rekapitulasi suara di KPU Surabaya hingga saat ini berjalan lancar.

"Rekapitulasi masih sampai tanggal 7 Mei. Kami berharap bisa selesai sesuai jadwal yang ada," katanya.(ant)

Baca Juga

loading...