KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tingkat Provinsi

Baehaqi Almutoif

Minggu, 5 Mei 2019 - 12:47

JATIMNET.COM, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memulai rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat provinsi, Minggu 5 Mei 2019.

Rekapitulasi ini terus berlanjut meski menyisakan Surabaya yang masih melangsungkan rekapitulasi tingkat kota.

"Per detik ini kami masih menyisakan Kota Surabaya, dan ini kami lakukan secara beririsan," ujar Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu 5 Mei 2019.

BACA JUGA: Di Surabaya, Jokowi-Maruf Unggul 77 Persen di 18 Kecamatan

KPU Jawa Timur tetap melanjutkan rekapitulasi penghitungan. Kota Surabaya yang belum menyelesaikan, tetap melangsungkan proses rekapitulasi di tingkat kota. "Kami berjalan, di kota yang belum selesai juga berjalan," tuturnya.

Rekapitulasi di tingkat provinsi ini dilakukan 5-9 Mei 2019. Dalam satu hari ditargetkan selesai rekapitulasi tujuh sampai delapan kabupaten/kota. Dengan begitu diharapkan waktu yang disediakan selama lima hari bisa tuntas sesuai target.

"Hari ini akan ada tujuh kota yang akan kami rekap. Besok ada delapan kabupaten. Lusa delapan. Tapi kalau kemudian bisa ditambah akan kami tambah tiap harinya. Tidak harus lima hari selesai, kalau bisa tiga hari ya tiga hari," urainya.

BACA JUGA: Kelelahan, KPU Surabaya Tunda Rekapitulasi Suara hingga Enam Jam

Anam memastikan dengan dimulainya rekapitulasi tingkat provinsi seluruh permasalahan di kecamatan hingga kabupaten/kota telah selesai. Termasuk tingkat tempat pemungutan suara (TPS) yang pemungutan suara ulang atau lanjutan juga telah selesai.

"Permasalahan rekap baik di tingkat kecamatan sudah selesai. Bahkan di tingkat TPS yang susulan dan lanjutan usai. Jadi diharapkan semua di provinsi ini sudah selesai permasalahan tinggal proses rekapitulasi saja," kata Anam.

Baca Juga

loading...