Kelelahan, KPU Surabaya Tunda Rekapitulasi Suara hingga Enam Jam

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 4 Mei 2019 - 18:26

JATIMNET.COM, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menunda pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kota Surabaya dari jadwal semula pukul 13.00 WIB menjadi 19.00 WIB.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Miftakhul Ghufron mengatakan, alasan penundaan karena mempertimbangkan kondisi kesehatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kawan-kawan PPK membutuhkan waktu recovery, setelah melakukan rekap tingkat kecamatan. Tidak ada permasalahan yang menonjol,” kata Gufron saat ditemui di kantor KPU Surabaya, Sabtu 4 Mei 2019.

BACA JUGA: Tiga Belas Petugas Pemilu 2019 di Surabaya Meninggal

Hingga hari kelima yang menjadi estimasi rekapitulasi terakhir dari 31 kecamatan oleh KPU, Ghufron mengungkapkan hingga kini baru 18 kecamatan yang sudah selesai direkapitulasi.

“Hari ini memang target terakhir di tingkat kecamatan, tapi kami memberi keringanan kepada teman-teman PPK untuk melakukan rekap,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat mekanisme sendiri untuk perpanjangan waktu penyerahan hasil rekapitulasi. Bahkan, KPU perlu meminta rekomendasi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya untuk perpanjangan waktu perekapan. “Kami beri waktu hingga tengah malam nanti,” jelasnya.

BACA JUGA: Rekapitulasi Hari Ketiga, KPU Selesaikan 13 Kecamatan 

Gufron juga menyampaikan untuk hari kelima, KPU akan melakukan rekapitulasi untuk Kecamatan Krembangan, Tegal Sari, Bubutan, Tandes, Sukoanunggal dan Sukolilo.

KPU juga akan memberikan tawaran kembali kepada peserta rapat apakah bisa menyelesaikan enam kecamatan langsung. Hingga kini, Kecamatan Kenjeran dan Gubeng masih belum menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Dan itu kemungkinan sampai subuh. Jadi dari enam kecamatan yang sudah konfirmasi ada tiga kecamatan,” kata dia.

BACA JUGA: Polisi Jember Kawal Pengiriman Rekapitulasi Suara ke KPU Jatim

Sementara itu, Kepala Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Surabaya Usman menjelaskan, selama proses tingkat level kota masih berlangsung, kecamatan masih bisa melaksanakan.

“Tanggal 4 Mei 2019 itu estimasi ditingkat kecamatan, sebenarnya jadwal sampai tanggal 7 Mei 2019. Kalau di Bawaslu Jatim sampai tanggal 9 Mei 2019. Berarti diselesaikan sebelum tanggal 7 Mei 2019 itu sudah masuk di Jatim,” kata dia.

Baca Juga

loading...