Rawat Ginjal dan Jantung Bisa Tingkatkan Kesehatan Kulit

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Minggu, 10 Maret 2019 - 11:54

JATIMNET.COM, Surabaya – Setiap orang diharapkan terus merawat jantung dan ginjal untuk meningkatkan kesehatan kulitnya. Menurut Christopher dari Estine Aesthetic Clinic perawatan dari dalam lebih efektif dan lebih menyehatkan ketimbang melakukan perawatan dari luar.

"Perlu diketahui bahwa perawatan kulit dengan metode botox, filler dan sejenisnya bersifat sementara dan bukan hal utama yang harus dilakukan," kata Christopher saat diwawancarai dalam acara Internasional Women's Day di Hotel Java Paragon Surabaya, 10 Maret 2019.

Perawatan dari luar tersebut akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pasien, seperti pembengkakan, memar, mata kering maupun pusing jika fisiknya tidak kuat. Gejala tersebut terjadi karena melalui proses secara instan.

Perawatan kulit ini sangat dibutuhkan oleh setiap individu, apalagi pada kaum perempuan yang kerap memperhatikan penampilannya atau kesehatan kulitnya.

BACA JUGA: Resiko Wanita Muda Terkena Serangan Jantung Meningkat

Chirstoper mengungkapkan penuaan (aging) pada kulit memang tak dapat dicegah, namun dapat diperlambat dengan menjaga kesehatan organ dalam tubuh Anda. Organ dalam tubuh seperti jantung dan ginjal yang sehat akan membuat kulit terlihat sehat.

“Agar jantung sehat, harus rajin berolahraga. Agar ginjal tetap stabil, harus minum air mineral yang cukup dalam sehari,” katanya.

Christoper menambahkan, dalam memberikan makanan bergizi untuk kulit, setiap individu harus mengonsumsi makanan yang bisa menutrisi kulit dari dalam.

“Makan ikan empat kali dalam seminggu, 3 -5 jenis sayuran dan buah-buahan dalam satu hari. Serta melakukan diet jantung agar lebih sehat, makan makanan yang mengandung serat, banyak minum air putih dan makan yoghurt,” kata Christoper.

Upaya-upaya tersebut merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan. Meskipun begitu, hal yang perlu diperhatikan juga adalah olahraga dan hidup dengan rasa bahagia.

Lebih lanjut, Chistopher mengatakan, olahraga yang dilakukan cukup yang ringan-ringan saja dan tidak lebih dari dua jam per hari. Olahraga yang dilakukan juga harus memperhatikan lima unsur yaitu, kelenturan, kekuatan, keseimbangan, postur dan kelenturan.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

"Olahraga tidak harus lama dan berat, cukup berjalan setiap pagi,  bersepeda, berenang dan tidak boleh lebih dari dua jam per hari. Jika terlalu lama juga akan membuat organ tubuh terasa terbebani,” katanya.

Lalu hidup dengan rasa bahagia dan sebisa mungkin hindari rasa stress, lanjut Christopher. Dengan kontrol tersebut akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Rasa bahagia memang harus diciptakan oleh setiap orang dengan memiliki pikiran yang positif.

"Orang dengan kulit wajah yang indah juga harus ditopang oleh kebahagian dan menghindari stress," imbuhnya.

Memiliki kulit wajah yang indah serta terlihat sehat memang impian banyak wanita. Menurut Christoper hal ini bisa terwujud dengan gaya hidup sehat yang diterapkan.

Baca Juga

loading...