Proses Rekapitulasi di Sidoarjo, Water Canon dan K9 Disiagakan

David Priyasidharta

Selasa, 30 April 2019 - 21:19

JATIMNET.COM, Sidoarjo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mulai melakukan proses rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 untuk enam kecamatan terlebih dahulu, Selasa 30 April 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo, Mokhamad Iskak mengatakan untuk hari pertama penghitungan surat suara di enam kecamatan.

"Enam kecamatan itu masing-masing Kecamatan Tanggulangin, Balongbendo, Krembung, Tulangan dan istirahat sebentar, kemudian dilanjutkan untuk Kecamatan Jabon serta Wonoayu," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa 30 April 2019.

BACA JUGA: 14 Kecamatan Lebih belum Serahkan DA1 ke KPU

Ia mengatakan, rapat pleno digelar di Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo dan diikuti oleh komisioner KPU, Bawaslu, saksi partai dan paslon, hingga Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

"Agenda hari ini adalah rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara, semoga kegiatan berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menginstruksikan ratusan anggotanya untuk siap siaga menjaga keamanan dan jalannya rapat pleno KPU.

BACA JUGA: Proses Rekapitulasi Surat Suara KPUD Ponorogo Molor

"Anggota Polresta Sidoarjo dengan dipersenjatai lengkap, juga disiagakan kendaraan mobil water canon dan K9. Selain itu juga pengamanan dibantu dari anggota TNI," katanya.

Menurutnya, pengamanan maksimal sudah dipersiapkan jauh jauh hari sebelumnya, untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi pada saat proses penghitungan suara ditingkat kabupaten.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya para saksi dan tim sukses untuk bersabar dan menahan diri menunggu hasil rekapitulasi sampai rampung. Sehingga, semua proses dapat berjalan lancar, aman dan kondusif," katanya. (ant)

Baca Juga

loading...