Polrestabes Bentuk Satgas Pangan Pantau Harga Kebutuhan Pokok 

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 1 Mei 2019 - 21:01

JATIMNET.COM, Surabaya – Polrestabes Surabaya membentuk Satgas Pangan guna mengantisipasi maupun mengawasi harga kebutuhan pokok di pasar dan mengawasi ketersediaan bahan pangan selama bulan Ramadan.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan Satgas Pangan ini merupakan satuan tugas yang mengantisipasi adanya penjual maupun distributor nakal. Umumnya distributor maupun penjual nakal kerap menyimpan kebutuhan pokok dengan harapan mengeruk keuntungan berlipat dengan naiknya harga barang.

“Satgas Pangan ini (Polri) tetap kita teruskan. Terutama dalam mengantisipasi gangguan-gangguan yang mungkin timbul sepanjang Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” katanya, Rabu, 1 Mei 2019.

BACA JUGA: Impor 84 Ribu Ton Bawang Putih Segera Masuk Jatim

Rudi menjelaskan jika Satgas Pangan Polri ini akan berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait yang mengetahui mengenai bahan pokok. Instasi tersebut antara lain Pemkot Surabaya maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Kerja sama ini akan kami lakukan untuk mengantisipasi agar harga bahan pokok maupun distribusi bahan pokok tetap stabil,” ucapnya.

Rudi mengatakan jika Satgas Pangan Polri ini akan ikut dalam sidak ke pasar-pasar untuk  memastikan apakah para pedagang sudah menjual barang-barang maupun kebutuhan pokok masyarakat yang layak dikonsumsi.

BACA JUGA: Inflasi Bahan Pokok Diprediksi Tidak Terlalu Tinggi saat Ramadhan

Selain itu, tugas Satgas Pangan memantau harga barang kebutuhan maupun barang pokok di pasar. “Upaya ini dilakukan Polrestabes Surabaya menjelang Ramadan hingga Idul Fitri," bebernya.

Satgas Pangan ini untuk membantu Pemerintah dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang dan saat Ramadan. “Kalau harganya tidak terjangkau, maka akan berakhir pada gangguan keamanan. Inilah yang akan kita antisipasi,” tegas Rudi.

Satgas Pangan ini, lanjut Rudi, akan terus dijalankan sama seperti dua tahun lalu.  Pembentukan Satgas Pangan ini akan terus berjalan mendekati Bulan Suci Ramadan.

“Sampai sekarang ini masih terus berjalan. Apalagi mendekati Lebaran, Satgas Pangan kita akan lebih intens melakukan sidak bersama instansi terkait,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...