Impor 84 Ribu Ton Bawang Putih Segera Masuk Jatim

Baehaqi Almutoif

Senin, 29 April 2019 - 20:30

JATIMNET.COM, Surabaya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur Drajat Irawan menyebutkan sebanyak 84 ribu ton bawang putih dari Cina segera masuk ke Jawa Timur melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Meski demikian, Drajat belum mengetahui secara pasti kapan bawang putih tersebut tiba.

Ia berharap, masuknya impor bawang putih dari Cina ini diharapkan mampu menekan harga yang dalam beberapa hari terakhir melonjak. "Secara nasional sekitar 115 ribu ton bawang putih yang masuk dari Cina," ujar Drajat, Senin 29 April 2019.

BACA JUGA: Redam Kenaikan Harga Bawang Putih, Jatim Gelar Operasi Pasar

Selain itu, datangnya impor bawang putih ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan selama bulan Ramadan hingga lebaran yang diperkirakan kebutuhannya mencapai 4.960 ton per bulan. "Jumlah impor bawang putih ini lebih dari cukup,” ujarnya.

Menurutnya, impor bawang putih dari Cina ini sesuai mekanisme pasar dan harga ke konsumen nantinya berkisar Rp 30 ribu per kilogramnya. "Paling tidak minggu awal bulan puasa harga bisa stabil, karena bawang putih impor ini mulai dipasarkan," tuturnya.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah dan Putih di Malang Naik Drastis

Sejauh ini, lanjut Drajat, Disperindag Jawa Timur telah menggelontorkan 50 ton bawang putih di Surabaya dan hari ini ditambah lagi 10 ton.

Drajat menambahkan, untuk menjaga stabilnya harga, Satgas Pangan Polda Jatim terus memantau gudang ketersediaan pangan agar tidak ada penumpukan bahan pokok.

Ini sekaligus untuk mencegah adanya distributor nakal yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk mempermainkan harga. "Selain itu kami akan melakukan operasi pasar murah dan operasi pasar mandiri," katanya.

Baca Juga

loading...