Polres Madiun Kota Laksanakan Patroli Gugah Sahur

Rochman Arief

Minggu, 12 Mei 2019 - 16:01

JATIMNET.COM, Madiun – Aparat Polres Madiun Kota melaksanakan patroli gugah (membangunkan orang tidur) sahur. Acara ini sekaligus untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Madiun selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

Kegiatan patroli gugah sahur di antaranya dilakukan di wilayah Polsek Jiwan yang dipimpin Kapolsek Jiwan AKP Eko bersama jajarannya.

“Kegiatan patroli sahur ini dalam rangka mendekatkan diri Polsek Jiwan dengan warga untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah," kata AKP Eko di Madiun, Minggu 12 Mei 2019.

Dengan patroli sahur, selain dekat dengan warga, aparat kepolisian juga mengetahui berbagai macam informasi yang beredar di masyarakat.

BACA JUGA: Berkunjung ke Masjid Tua Sewulan di Kabupaten Madiun

Adapun patroli gugah sahur dilakukan dengan bergabung bersama warga di pos keamanan lingkungan (poskamling) secara bergiliran. Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Jiwan di Poskamling RT 25/RW 07 di Desa Wayut, Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.

Selain menyerap informasi dan sambung rasa dengan warga, patroli gugah sahur tersebut juga diberikan bantuan dari Polsek Jiwan berupa alat kentongan sebanyak 10 buah sebagai sarana patroli petugas poskamling dan membangunkan warga untuk bersahur.

Selain melakukan patroli sahur, Polres Madiun Kota juga membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di depan masjid kawasan Mapolres Madiun Kota di Jalan Pahlawan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengamanan selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

Di bulan yang penuh berkah tersebut, Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu sebagai salah satu unsur Forkopimda juga melaksanakan kegiatan Safari Ramadan berupa safari salat Jumat di masjid-masjid yang ada di Kota Madiun bersama Forkopimda.

BACA JUGA: Kota Madiun Gelar Pawai Obor Sambut Bulan Ramadan

Safari Ramadan 1440 Hijriah tersebut merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan Pemerintah Kota Madiun.

Kapolres Madiun Kota Nasrun Pasaribu mengatakan safari salat Jumat merupakan bagian dari upaya menyerap informasi dan menjaga kamtibmas. Terlebih, sebelumnya baru saja digelar Pemilu Serentak 2019.

"Pileg dan pilpres telah selesai. Bila sebelumnya ada perbedaan, mari kita tinggalkan. Mari bersama-sama menciptakan suasana yang nyaman di wilayah kita. Terlebih di bulan Ramadan ini," katanya saat safari salat Jumat di Masjid Shabilish Sholihin Jalan Sultan Trenggono Kota Madiun. (ant)

Baca Juga

loading...