Pindah ke Pasar Nambangan, Pedagang Kedinding Tunggu Janji Kios

Khoirotul Lathifiyah

Minggu, 26 Mei 2019 - 11:32

JATIMNET.COM, Surabaya - Pedagang Pasar Kedinding Surya akan direlokasi ke Pasar Nambangan secara gratis, yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Kini pedagang yang memiliki lebih dari satu stan, menunggu kios tambahan yang pernah dijanjikan Dinas Koperasi Surabaya..

"Itukan dulu kami beli stan disini, beli ke lembaga swadaya atau apa gitu," kata salah satu pedagang Warga Jalan Didit Prasetyo ( 48) saat diwawancarai di Pasar Nambangan, Minggu 26 Mei 2019.

Karena kios yang dimikili para pedagang pasar diperoleh dengan membeli, awalnya pedagang menolak untuk pindah.

BACA JUGA: Saran DPRD Surabaya untuk Mengembangkan Pasar Tradisional 

Didit mengungkapkan, pada Desember 2018 lalu, pihaknya sudah melakukan rapat dengar di DPRD Kota Surabaya, dengan pemkot.

Hasilnya, pemkot melalui Dinas Koperasi Surabaya menjanjikan akan memberikan stan tambahan setelah pindah.

"Nanti kalau sudah masuk akan dibagi lagi yang mempunyai banyak stan, ya kami berharap tidak dibohongi dan masih tersisa stan," kata dia.

Ia mengaku memiliki enam stan, dan sudah hampir 18 tahun berjualan sayur di Pasar Kedinding ini.

BACA JUGA: DPRD Kritik Pemkot Surabaya Soal Pengelolaan Pasar Tradisional

Menurutnya, semua pedagang senang untuk pindah, karena disana pasarnya lebih bersih dan tertata. Apalagi untuk saat ini pemkot memberikan secara gratis untuk para pedagang.

"Ini sudah mulai menata, karena kami minta pindah setelah lebaran. Soalnya untuk fasilitas listrik dan lainnya belum ada. Jadi kami harus memanggil tukang untuk memasang," kata dia.

Disamping itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya Widodo Suryantoro mengungkapkan, Pasar Kedinding akan digusur pemkot karena sudah tidak layak untuk digunakan. Pihaknya memberikan solusi untuk memberikan pasar gratis untuk pedagang.

"Nah pindahnya ini tidak jauh, karena pasar baru ada disebelah pasar lama," kata dia.

BACA JUGA: Jokowi Beli Kedondong dan Tomat di Pasar Tradisional Probolinggo

Ia menyampaikan, pemkot dengan pedagang sudah sepakat agar pedagang pindah setelah H+7 lebaran mendatang.

Alasannya, karena masih tahap persiapan dan pemberitahuan kepada para pelanggan.

"Selain itu, ketika lebaran pun ramai pembeli, jadi kami beri kesempatan untuk disana dulu. Sekalian untuk persiapan pindah," kata dia.

Didit juga menjelaskan, pedagang akan mendapatkan fasilitas dan stan secara gratis untuk sementara ini. Tapi setelah diambil alih oleh PD Pasar Surya, akan dikenakan retribusi.

BACA JUGA: Sebelas Pasar di Jawa Timur Direvitalisasi

"Bisa juga bayar jika diserahkan ke PD pasar, tapi tidak tahu itu kapan," kata dia.

Menurutnya, para pedagang Pasar Kedinding Surya sudah selayaknya untuk pindah ke Pasar Nambangan. Karena, selain tempatnya yang sudah kumuh dan rawan banjir jika hujan, padagang harus membayar sewa yang mahal.

Apalagi yang mengelola bukan pemkot.

Ia mengaku, hingga saat ini pemkot sudah melakukan undian kepada 248 pedagang. Sehingga mulai saat ini para pedagang sudah mengetahui stan yang akan ditempatinya.

"Sekarang pun sudah ada yang mulai nyicil, dan udah ada yang ganti gemboknya karena ga cocok," kata dia.

Baca Juga

loading...