Petugas Gabungan Cek Jalur Tengkorak Probolinggo

Zulkiflie

Rabu, 15 Mei 2019 - 18:26

JATIMNET.COM, Probolinggo – Petugas Gabungan Dinas Pekerjaan Umum Balai Besar 8 Surabaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satlantas Polres Probolinggo memeriksa jalur lintas  selatan, yang juga dikenal jalur tengkorak, di wilayah Kabupaten Probolinggo, Rabu 15 Mei 2019.

Hasil pemeriksaan menemukan, banyak jalan bergelombang yang membahayakan pengguna jalan.

Beberapa titik menjadi perhatian petugas, seperti kondisi jalan di persimpangan jalur kereta api di Desa Jorongan. Di jalur tersebut, petugas menemukan jalur rel kereta api lebih tinggi dari aspal jalan raya.

Kondisi tersebut dianggap sangat membahayakan, bagi pengguna jalan khususnya pengendara roda dua, di mana apabila tidak hati-hati dan waspada saat melintasi persimpangan rel kereta api tentunya akan terjatuh.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Banyak Sopir Bus Alami Hipertensi

Titik lainnya berada di persimpangan jalur kereta api Malasan. Kondisinya sama, adanya jalan bergelombang dimana pengguna jalan wajib hati-hati, agar terhindar dari kecelakaan.

Sekedar informasi, jalur selatan yang menghubungkan Probolinggo – Lumajang dikenal jalur tengkorak, lantaran kontur jalannya yang menurun dari arah selatan.

Banyak terjadi kecelakaan di jalur setempat, lantaran kondisi rem kendaraan mengalami blong.

Mendapati hal itu Petugas Balai Besar 8 Surabaya, Hendik mengatakan, akan segera menindaklanjutinya dengan melakukan perbaikan, yang ditargetkan rampung pada 20 Mei 2019 mendatang.

BACA JUGA: DLU Batulicin Siapkan Dua Kapal Layani Mudik ke Surabaya

“Terkait jalan bergelombang, nantinya kita akan ratakan. Dan segera mungkin 20 Mei nanti atau sebelum arus mudik, sudah diselesaikan,”terang Hendik.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi menjelaskan, adanya pengecekan jalur lintas selatan dan utara Kabupaten Probolinggo, sebagai persiapan arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 hijriah mendatang.

Dengan mengetahui kondisi jalan terkini, dapat memudahkan petugas untuk menyiasati kemacetan saat arus mudik, ataupun menekan terjadinya kecelakaan.

“Melalui pengecekan jalur lintas selatan ini, harapannya arus mudik lebaran nanti bisa berjalan lancar dan aman. Tentunya untuk titik-titik jalur yang rawan aksi kriminalitas, akan kita siagakan petugas guna menjamin keamanan pemudik,”jelasnya.

Baca Juga

loading...