Perubahan Jumlah DPTb Tahap Dua Meningkat

Baehaqi Almutoif

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:51

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) untuk kedua kalinya. Hasil pleno terbuka ditetapkan DPTb yang masuk Jatim mencapai 112.256 pemilih tambahan. Sementara untuk DPTb yang keluar mencapai 85.243 pemilih.

Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan bahwa jumlah DPTb tahap kedua ini meningkat dibanding sebelumnya. Pada penetapan tahap pertama 17 Februari 2019 lalu jumlah DPT yang masuk atau pindah pilih sekitar 61 ribu, sedangkan 18 ribu keluar Jatim, atau total perubahannya mencapai 79 ribu orang.

Mantan komisioner KPU Surabaya itu melanjutkan, kota besar memang mendominasi pindah pilih. Selain daerah yang menjadi basis pesantren dan perguruan tinggi, mayoritas pindah pilih didominasi oleh pelajar dan mahasiswa.

BACA JUGA: KPU Jatim Verifikasi Laporan BPN

"DPTb paling banyak perubahan, untuk yang masuk adalah Kota Malang, Surabaya, Kota Kediri. Masing-masing mencapai 14.514 pemilih, 13.811 pemilih, dan 8.578 pemilih," ujar Anam melalui keterangan tertulisnya, Kamis 21 Maret 2019.

Sekadar diketahui, KPU Jawa Timur menutup masa pengajuan pindah pilih jelang pemilu pada Minggu 17 Maret 2019. KPU membuka kesempatan pada semua orang untuk bisa melakukan pindah pilih bagi yang sedang tidak berada di daerah asal pemilih.

KPU memberikan kesempatan kepada para pemilih untuk mengurus formulir pindah pilih atau formulir A5 di PPS tingkat desa/kelurahan, atau KPU Kabupaten/kota dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Calon pemberi suara ini tetap dapat menyalurkan hak suaranya meski tidak berada di daerah asal tempat pilihan.

BACA JUGA: Tak Ingin Kecolongan, KPU Jatim Cek WNA dalam DPT

Pada rapat pleno Rekap tersebut dihadiri seluruh jajaran Komisioner KPU Kabupaten dan Kota se-Jawa Timjr. Begitu juga dengan perwakilan 14 partai politik peserta pemilu di Jatim.

Hadir pula Tim Kampanye Daerah Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Provinsi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tidak ketinggalan perwakilan dari Caleg perorangan atau DPD daerah pemilihan Jatim 1.

Baca Juga

loading...