Pelajar Blitar Sambut Ramadan dan Hardiknas dengan Pawai Taaruf

Yosibio

Kamis, 2 Mei 2019 - 13:26

JATIMNET.COM, Blitar - Ratusan pelajar dari TK, SD, pondok pesantren, madrasah dan SMP se-Kota Blitar, mengikuti pawai keliling yang digelar pemerintah Kota Blitar.

Pawai Taaruf dengan tema Ukhuwah ini dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan 1440 H/2019, serta merayakan hari pendidikan nasional.

Kirab menempuh jarak sekitar 5 km, dimulai dari depan kantor Wali Kota Blitar, Jl Merdeka dan berakhir di tempat yang sama.

Para peserta ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda hias, atau pun naik mobil hias, dengan aneka kostum kaum muslim.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Megawati Nyekar ke Makam Bung Karno

Para peserta terlihat antusias mengikuti acara kirab. Sebagian peserta melakukan atraksi di depan panggung pemberangkatan.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, kirab ukhuwah ini dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan serta hari pendidikan Nasional.

Para peserta diwajibkan untuk menampilkan kreasinya masing-masing.

"Para peserta harus tampil menarik, karena ada juri yang menilai. Kirab ini akan dipilih juara dengan penampilan terbaik," kata Santoso kepada wartawan di sela acara,  Kamis 2 Mei 2019.

BACA JUGA: Women's March Blitar Desak Pemerintah Sahkan RUU PKS

Kegiatan kirab sekaligus memberikan pesan ke masyarakat, untuk ikut menyambut datangnya Ramadan dengan suka cita.

Santoso juga mengajak masyarakat, memanfaatkan bulan penuh berkah ini untuk meningkatkan ibadah.

"Mari di bulan Ramadan ini kita manfaatkan untuk meningkatkan iman dan takwa," pesan Santoso.

Santoso juga menyampaikan, agar bulan Ramadan digunakan untuk merajut kembali semangat persatuan dan kesatuan di masyarakat.

BACA JUGA: Polisi Periksa Ibu Bayi yang Diduga Dibunuh Setelah Lahir

Apalagi, masyarakat baru saja mengikuti pesta demokrasi pemilihan presiden (Pilpres). Dia meminta masyarakat melupakan sejenak perbedaan pilihan dalam Pilpres. Dia mengajak semua masyarakat kembali menjalin persatuan.

"Pilihan boleh beda, tapi persatuan harus tetap dijaga. Mari di bulan suci ini kita wujudkan semangat persatuan," imbuhnya.

Sementara, para peserta kirab tampil sangat enerjik dengan pakaian muslim.

Sebagian besar peserta juga membawa poster dan papan yang bertuliskan ajakan masyarakat untuk menuju kebaikan di bulan Ramadan.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Blitar Merangkak Naik

Para pelajar SMP yang menggunakan sepeda gratis dari pemerintah ini, menghiasinya dengan kertas warna warni.

"Senang ikut pawai ta'aruf ini, apalagi kita akan memasuki bulan yang penuh rahmah dan ampunan, semoga tahun depan bisa kembali ikut berpartisipasi kembali, " ujar Salman seorang pelajar salah satu SMP di Kota Blitar ini.

Baca Juga

loading...