Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Blitar Merangkak Naik

Yosibio

Jumat, 26 April 2019 - 16:18

JATIMNET.COM, Blitar - Harga daging ayam potong mulai merangkak naik menjelang datangnya bulan Ramadan. Kenaikan harga ini terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kota Blitar.  

Pantauan Jatimnet.com di Pasar Legi Kota Blitar, harga daging ayam saat ini tembus Rp 32 ribu per kilogram. Padahal dua pekan sebelumnya harganya masih Rp 24 ribu per kilogram.

"Harganya (daging ayam) terus naik mendekati puasa. Hari ini harganya sudah Rp 32 ribu per kilogram," kata Musriah, pedagang daging ayam di Pasar Legi, Kota Blitar, kepada wartawan Jumat 26 April 2019.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah dan Putih di Malang Naik Drastis

Kenaikan harga daging ayam ini, terjadi secara bertahap selama dua pekan terakhir dengan rata-rata kenaikan Rp 2 ribu. Harga ini diperkirakan masih bisa naik kembali mengingat kebutuhan terhadap ayam potong akan meningkat untuk acara selamatan menjelang Ramadan.

"Harganya masih bisa naik lagi, apalagi untuk megengan," imbuh Musriah.

Kenaikan harga terjadi mulai di tingkat peternak dan akan turun saat pertengahan puasa. Namun, akan kembali naik menjelang lebaran. Siklus ini terjadi hampir setuap tahun menjelang Ramadan dan Lebaran.

BACA JUGA: Redam Kenaikan Harga Bawang Putih, Jatim Gelar Operasi Pasar

Pedagang lainnya di Pasar Legi, Susiana mengatakan, kenaikan harga tidak mempengaruhi permintaan. Ia mengatakan penjualan daging ayam di tempatnya ikut naik. Jika sebelumnya hanya mampu menjual 25 kilogram daging ayam per hari, dalam beberapa hari terakhir ini bisa sampai 50 kilogram per hari.

"Penjualannya tidak turun, justru malah naik. Karena saat ini warga memang banyak yang membutuhkan daging ayam mendekati Ramadan," imbuhnya.

Sementara harga bumbu dapur seperti bawang putih masih tetap di kisaran Rp 40 ribu sampai Rp 44 ribu per kilogram. Harga ini sudah berlaku dua pekan ini. "Harganya masih mahal, antara Rp 40 ribu hingga Rp 44 ribu per kilogram," ujar Mujiati seorang pedagang sembako di Pasar Legi.

Baca Juga

loading...