JATIMNET.COM, Surabaya –  Banyak pengendara motor yang langsung mencari tempat berteduh saat hujan turun. Namun  ada kebiasaan salah yang masih kerap dipraktekkan yaitu berlindung di bawah pohon. 

Dikutip dari www.businessinsider.com, Jumat 8 Februari 2019, berlindung di bawah pohon meningkatkan ancaman tersambar petir. Peluang seseorang tersambar petir, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), adalah 1:10,5 juta orang. Meski angkanya sangat rendah, bukan berarti tidak perlu waspada.

Pohon menjadi tempat berbahaya nomor dua yang harus dihindari saat terjadi hujan petir. Sedangkan lokasi paling berbahaya saat hujan petir adalah tanah lapang. NOAA melansir selama 2006-2016, kasus kematian akibat tersambar petir mencapai 350 orang. Dari angka tersebut, 165 orang tewas tersambar petir di wilayah terbuka. Adapun sisanya terjadi di kapal, perairan dan tempat yang tidak diketahui.  

BACA JUGA: Utusan PBB: Kashoggi Dibunuh Para Pejabat Arab Saudi

NOAA menyarankan setiap kali terjadi hujan petir disarankan untuk mencari tempat berlindung seperti bangunan atau tetap di dalam mobil. Namun, jika tidak ada lokasi yang seperti ini, pakar petir di NOAA John Jensenius memberikan sejumlah tips berlindung dari petir ketika berada di suatu lokasi tertentu.

Jika berada di Hutan lebih baik hindari pohon yang tinggi serta berdiri sejauh mungkin dari pohon apapun.

Ketika berkemah, lebih baik pindah ke daerah lembah atau daerah yang lebih rendah untuk mendirikan kemah saat hujan. Hindari jurang dan daerah rawan banjir bandang. Selain itu harus diingat jika kemah tidak bisa memberi kita perlindungan dari bahaya petir.

BACA JUGA: Bos Amazon, Jeff Bezos Mengaku Diperas National Enquirer

Berikutnya ketika berada di kapal hindari benda logam yang basah karena mudah menghantarkan arus listrik dari satu sumber ke sumber yang lain. Tubuh manusia juga bisa jadi penghantar arus listrik.

Setelah hujan petir reda, sebaiknya tunggu 30 menit jika ingin meninggalkan rumah atau gedung atau tempat berlindung semula. Data yang ada menunjukkan 50 persen kasus tersambar petir terjadi setengah jam setelah hujan reda.

Selain itu, NOAA juga memberikan tips cara mudah lainnya. Yaitu dengan mengecek ramalan cuaca sebelum beraktivitas. Selain bisa memperkirakan aktivitas yang mungkin terhambat karena hujan, siapa tahu bisa menyelamatkan hidup.