Mendikbud Minta Mahasiswa Aktif Berkegiatan di Kampus

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 9 April 2019 - 20:55

JATIMNET.COM, Surabaya - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), agar berjiwa pemimpin di masa depan.

Upaya tersebut bisa diasah dengan mengikuti kegiatan melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (BEM PTM).

“Ke depan itu, Indonesia ini kan yang paling menjadi sorotan masalah ketenagaan kerja/lapangan pekerjaan. Inilah yang harus menjadi prioritas dan untuk mereka yang di perguruan tinggi,” kata Muhadjir setelah meresmikan BEM PTM di UMSurabaya, Selasa 9 April 2019.

Harusnya, mahasiswa sekarang mampu melepaskan diri dari stigma hanya mencari kerja.

BACA JUGA: Kunjungi Sekolah yang Terdampak Banjir, Mendikbud Salahkan Pengelola

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang membidangi pendidikan ini juga mengungkapkan, mahasiswa harus yakin bahwa kedepannya akan menjadi orang terdidik, dan mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Jadi mahasiswa harus berani mengubah mindsetnya menjadi orang-orang yang bisa menyiapkan lapangan kerja,” lanjutnya. 

Menurutnya, calon pemimpin bangsa dari perguruan tinggi ini nantinya akan menjadi kelompok minoritas terpilih.

Ia berharap dari segi pendidikan dan di antara mahasiswa, akan ada yang menjadi cendekiawan, ilmuwan, pemimpin, dan juga pengusaha.

BACA JUGA: Kemendikbud Siapkan Revisi Buku Tema 7

"Dan itu harus disiapkan dari sekarang dengan aktif mengadakan dan mengikuti kegiatan,” harapnya. 

Sementara itu, Rektor UMSurabaya Sukadiono menjelaskan, bahwa BEM PTM ini merupakan pembelajaran soft skill yang patut dilajukan di tempat yang bergiliran.

Apalagi, kegiatan mahasiswa melalui BEM Universitas dengan rektorat selama ini sudah bersinergis dan terjalin sangat kondusif. 

“Jadi kita kompak. Karena kekompakan itu, maka BEM PTM yang lain percaya pada kita dan InsyaAllah bisa menyelenggarakan dengan baik, karena kekompakan kita,” pungkasnya. 

BACA JUGA: Mendikbud Minta Warisan Budaya Indonesia Dijaga

Sukadiono menjelaskan, dengan organisasi yang ruang lingkupnya besar, akan lebih cepat melatih mahasiswa, dalam belajar mengasah kepemimpinan.

Selain itu, setiap mahasiswa antar universitas dapat mengenal satu sama lain dan diskusi budaya di kampusnya masing-masing.

"Jadi dengan adanya organisasi ini, mahasiswa UMSurabaya lebih aktif dan memanfaatkan wadah tersebut," kata dia.

Perlu diketahui BEM PTM merupakan organisasi yang mewadahi mahasiswa Universitas Muhammadiyah, di seluruh Indonesia.

Baca Juga

loading...