JATIMNET.COM, Barcelona – Juara dunia MotoGP Marc Marquez 2018 telah menjalani operasi pada bahu kirinya yang mengalami dislokasi saat balapan di Valencia. Bintang Repsol Honda itu akan memulai program pemulihan selama enam minggu, agar bisa tampil saat menjalani tes pra-musim MotoGP 2019.

Marquez menjalani operasi bahu kirinya di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Barcelona pada 4 Desember 2018. Dalam operasi itu dipimpin Dr Xavier Mir dan dibantu asisten Dr Victor Marlet dan Dr Teresa Marlet.

Operasi itu dijalani pebalap asal Spanyol itu setelah kurang dari satu minggu pasca menjalani tes pasca musim di Jerez, Spanyol.

Dikutip dari Crash.net, 4 Desember 2018, operasi ini bertujuan memperbaiki masalah dislokasi bahu kirinya yang dia derita sepanjang musim. Termasuk selama perayaan gelar 2018 di Motegi plus kecelakaan kualifikasi di akhir musim balapan di Valencia.

Pasca operasi itu Marquez akan dirawat di rumah sakit selama 48 jam guna memulai pemulihannya sebelum rehabilitasi enam minggu di rumahnya, Cervera.

Pasca operasi ini Marquez sepenuhnya bisa pulih untuk mengikuti tes pertamanya di Sepang, Malaysia pada 1-3 Februari 2019.

“Marquez akan membaik dalam 48 jam ke depan, tergantung pada pemulihannya. Minggu depan dia akan memulai program rehabilitasi enam minggu di kota kelahirannya, kemudian akan memulai pelatihan musim dinginnya sebagai persiapan untuk Tes Sepang pada Februari,” bunyi pernyataan resmi tim Repsol Honda melalui crash.net.