Libur Lebaran, Kominfo Kerahkan 100 Verifikator Pantau Hoaks Medsos

David Priyasidharta

Selasa, 28 Mei 2019 - 21:59

JATIMNET.COM, Jakarta - Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika tetap akan memantau informasi seputar hoaks di media sosial selama Lebaran 2019 mendatang. Sebanyak 100 anggota tim verifikator akan tetap bekerja kendati masa libur Lebaran.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan pemantauan konten-konten negatif dan sebaran berita bohong ini didukung oleh 100 tim verifikator.

Mereka berkomitmen untuk senantiasa memantau dan memverifikasi informasi yang tersebar di berbagai platform media sosial, seputar kondisi dan situasi nasional selama aktivitas mudik.

BACA JUGA: Bareskrim Polri Tangani 10 Kasus Hoaks Selama Aksi Mei

“Mereka (Tim Verifikator) terus bekerja 24 jam. Jadi, meskipun kita liburan, teman-teman di Tim AIS itu tidak libur, sudah diatur jadwal mereka masing-masing,” kata pria yang akrab dipanggil Nando ini dalam acara TokTok Kominfo yang disiarkan langsung di berbagai akun resmi Kementerian Kominfo, Selasa 28 Mei 2019 siang.

Nando menjelaskan, pembagian jadwal para verifikator yang bertugas telah diatur oleh tim. “Mereka yang nanti bekerja di hari Lebaran itu pada umumnya yang non-muslim. Teman-teman yang Kristiani, yang non-muslim itu datang bekerja seperti biasa,” imbuhnya.

BACA JUGA: Hoaks Beredar, Kantor Polsek Terbakar

Tim Verifikator Mesin AIS yang bekerja di masa Lebaran nanti dibagi menjadi tiga shift, yakni shift jam 06.00 – 14.00, jam 14.00 – 22.00, dan 22.00 – 06.00 WIB.

“Ini artinya apa? Kominfo tidak libur sama sekali (khusus untuk Tim Verifikator AIS, red.). Jadi, kami mengawasi isu medsos melalui mesin AIS,” ucap Ferdinandus dalam laman Kominfo.go.id.

Selain itu, kata Nando, selama mudik lebaran, Kementerian Kominfo juga telah mendorong operator telekomunikasi untuk melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas layanan internet kepada para pemudik.

Baca Juga

loading...