Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Target 180 Ribu Pengunjung

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 6 Juni 2019 - 13:37

JATIMNET.COM, Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) menargetkan 180 ribu pengunjung selama libur Lebaran tahun 2019 ini. Itu karena liburan kali ini bersamaan dengan libur sekolah.

“Tahun ini (2019) bertepatan dengan hari libur sekolah, jadi 12 hari libur, dari tanggal 5 sampai 16. Kami mencoba targetkan sekitar 175 sampai 180 ribu pengunjung," kata Humas PDTS KBS Wini Hustiani melalui telepon, Kamis 6 Juni 2019.

Target itu melebihi jumlah pengunjung pada libur Lebaran 2018. Dari target 155 ribu pengunjung per 10 hari, wisatawan yang datang mencapai 160 ribu orang.

Menurut dia, jumlah pengunjung yang datang selama Lebaran ini relatif berbeda dengan hari biasa. Karena banyak masyarakat yang usai Salat Id maupun silaturahmi dengan keluarga langsung berlibur ke KBS.

"Kemarin sudah terjual sekitar 25 ribu pengunjung. Kalau hari Lebaran begini memang masih ada batasannya ya, biasanya kami kasih sehari sampai 30 ribuan," kata dia.

BACA JUGA: Risma Prioritaskan Perbaikan Kandang Satwa KBS

Wini mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya membuka dua loket masuk. Yakni loket utara seperti biasa, dan selatan sebagai loket tambahan.

"Kalau untuk hari pertama kemarin masih biasa ya. Karena kan masih banyak yang silaturahmi ya," kata dia.

Ia menyampaikan lonjakan pengunjung biasanya mulai bergulir di hari raya kedua maupun Hari Raya Ketupat. Pada hari lebaran pertama,  Rabu 5 Juni 2019 lalu, didominasi oleh warga asli Surabaya dan juga luar pulau.

"Ada yang dari Padang, Sumatera Barat, kami sempat tanya, kenapa berkunjung ke KBS, apa ada saudara di Surabaya? Mereka bilang tidak ada tapi memang mereka ingin berkunjung ke KBS," kata Wini.

Wini juga menjelaskan terdapat tampilan yang berbeda pada KBS tahun ini. Di antaranya tambahan Game Track ke jalanan area Orang Utan dan Jogging Track Breakfast.

BACA JUGA: Penempatan Parkir KBS di Mangga Dua Kurang Disetujui Dishub Surabaya

Untuk jogging track saat ini, lanjut dia, diberi tambahan pagar agar lebih aman dan indah bagi pengunjung. Ia menjanjikan tambahan fasilitas baru tiap tahun pada pengunjung.

"Iya Alhamdulillah bisa dibilang lebih matang ya, itu setelah PDTS KBS masuk ke KBS ini.  Tiap tahun, dari tahun ke tahun ini memang kita mencoba untuk selalu ada perubahan. Walau step by step. Kami mencoba memberikan sajian ada program untuk pengunjung dan satwa," katanya.

Ia menyampaikan untuk pengaman KBS bekerja sama dengan beberapa instansi seperti Linmas, Satpol PP,Polsek, Polrestabes Surabaya, Banser, Koramil, Garnisun, relawan Pramuka dan juga security KBS.

"Kami selalu koordinasi, supaya nanti bisa membantu saat membludaknya pengunjung. Itu juga area parkir sendiri sudah kami persiapkan. Artinya bidang-bidang terkait sudah dipersiapkan," kata dia.

Ia juga menyampaikan, meski parkir pengunjung membludak keluar dari wilayah KBS, pihaknya tetap memantau, karena jadi bagian kerja sama KBS dan pihak lain.

Baca Juga

loading...