Karena akan bersidang di Surabaya

Kejati Jatim Upayakan Pemindahan Penahanan Ahmad Dhani

M. Khaesar Januar Utomo
M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 29 Januari 2019 - 18:20

JATIMNET.COM, Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim berupaya untuk memindahkan penahanan musisi Ahmad Dhani Prasetyo ke Surabaya. Dhani terjerat kasus pencemaran nama baik dan akan segera menjalani persidangan.  

Kini, pentolan band "Dewa" itu sedang menjalani penahanan di Rumah Tahanan Cipinang setelah divonis 1 tahun 6 bulan pada persidangan di PN Jakarta Selatan dalam kasus ujaran kebencian, Senin 28 Januari 2019 kemarin.

Pemindahan penahanan diperlukan untuk kelancaran agenda persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung mengatakan rencana pemindahan penahanan Ahmad Dhani akan dikoordinasikan dengan Kejari Jakarta Selatan setelah PN Surabaya menetapkan jadwal persidangannya.

"Kami pun masih menunggu penetapan dari PN Surabaya, terkait jadwal sidangnya,” katanya, Selasa 29 Januari 2019.

BACA JUGA: Musisi Ahmad Dhani Ditahan di Rutan Cipinang

Richard mengatakan pihaknya akan meminta Kejari Jakarta Selatan untuk menyurati Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta terkait permohonan pemindahan penahanan Ahmad Dhani. Karena pemindahannya lintas provinsi, ia juga akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA).

“Sesuai prosedurnya, karena ini antar provinsi biasanya dari PT akan melakukan koordinasi dengan MA. Perihal pemindahan penahanan dari Jakarta ke Surabaya,” tegasnya.

Ahmad Dhani terjerat tindak pidana karena ucapan idiot yang dilontarkan dalam vlog-nya saat ada aksi #2019GantiPresiden beberapa waktu lalu di Surabaya.

Suami Mulan Jamela ini dijerat dengan Undang-Undang ITE tentang pencemaran nama baik. Ia dilaporkan oleh Koalisi Bela NKRI, pada 1 September lalu ke Polda Jatim.

Baca Juga

loading...