Jokowi Hargai Langkah Prabowo Gugat Hasil Pemilu ke MK

Hari Istiawan

Reporter

Hari Istiawan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:58

JATIMNET.COM, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo menyatakan sangat menghargai langkah rival politiknya Prabowo Subianto untuk menggugat hasil pemilu presiden 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya kira saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo, Pak Sandi ke MK,” kata Joko Widodo setelah pidato kemenangan di Kampung Deret yang terletak di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa 21 Mei 2019.

Menurut Jokowi, menggugat ke MK merupakan hak dan sesuai dengan hukum dan konstitusi yang berlaku.

BACA JUGA: Capres Prabowo Menolak Hasil Rekapitulasi KPU

Ia justru mendukung langkah-langkah yang sesuai dengan konstitusi ketimbang sebaliknya. “Itu memang sebuah proses sesuai konstitusi. Sesuai dengan hukum dan undang-undang yang kita miliki. Sangat menghargai,” katanya.

Adapun MK sendiri sudah menyediakan waktu tiga hari untuk menerima pendaftaran gugatan sengketa hasil Pemilu 2019 mulai 21-24 Mei 2019.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyatakan penolakannya atas hasil rekapitulasi suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, yang telah diumumkan KPU pada Selasa 21 Mei 2019 dini hari.

BACA JUGA: BPN Bakal Ajukan Gugatan Pemilu 2019 ke MK

"Kami pihak pasangan capres-cawapres 02 menolak semua hasil rekapitulasi suara Pilpres yang diumumkan KPU pada Selasa dini hari tadi," kata Prabowo dalam konferensi pers di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Dia mengatakan, berbagai indikasi kecurangan telah disampaikan pada 14 Mei lalu dan tidak akan menerima hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU selama penghitungan tersebut bersumber pada kecurangan.(ant)

Baca Juga

loading...