Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan Kilometer 227 Telah Diperbaiki

Gayuh Satria Wicaksono

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:11

JATIMNET.COM, Ponorogo – Jalur penghubung Ponorogo-Pacitan yang sempat tersendat akibat adanya jalan amblas di kilometer 227 saat ini telah selesai diperbaiki. Proses pengurukan dan pengaspalan telah mencapai 90 persen.

“Pengaspalan  telah selesai, sehingga tidak lagi buka tutup, untuk saat ini tinggal merampungkan bahu jalan untuk diaspal,” kata Pengawas Lapangan Binamarga Provinsi Jawa Timur Sartono, Jumat 24 Mei 2019.

Sartono juga menerangkan, jika dalam perbaikan jalan yang amblas dilakukan dengan pengurukan pasir batu (sirtu), dan diratakan menggunakan alat berat.

Sehingga, jika semua proses perbaikan telah selesai, ia yakin kendaraan besar seperti truk muatan berat akan diperbolehkan melalui jalur Ponorogo-Pacitan, setelah sebelumnya dialihkan melalui Wonogiri.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Ponorogo Atur Pelapak di Pasar Rakyat Alun-alun

“Kondisi tanah di kilometer 227 ini memang sangat rawan dan terus ada rembesan air dari bukit di atas jalan,” ujarnya.

Akibatnya dalam perbaikan jalan utama penghubung dua kabupaten ini tidak bisa asal-asalan dan baru bisa rampung setelah dua bulan pengerjaan meski hanya sepanjang 200 meter.

“Kajian serta formula untuk perbaikannya harus benar-benar matang,” imbuhnya.

Di sepanjang kiri dan kanan jalan kilometer 227 yang amblas, saat ini juga telah dipasang bronjong batu sepanjang 200 meter guna mengurangi pergeseran tanah dari atas bukit.

BACA JUGA: Dana Hasil Cukai hanya Kaver Kesehatan 38 Ribu Jiwa

Saluran air juga ditata ulang agar tidak langsung mengikis aspal.

“Bronjong ini sangat penting karena digunakan untuk menahan pergerakan tanah tebing yang sewaktu-waktu bisa longsor,” terangnya.

Meski jalan yang menelan anggaran perbaikan sebesar Rp 2.8 milyar ini telah rampung ketika musim mudik lebaran, ia menghimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap hati-hati, sebab ada potensi longsor dari bukit di atas jalan.

“Jika hujan lebat bukit ini bisa rawan longsor, apalagi saat ini material perbaikan jalan juga belum selesai untuk dirapikan,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...