Ini Manfaat Minum Segelas Air Putih di Pagi Hari

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Rabu, 3 April 2019 - 19:20

JATIMNET.COM, Surabaya – Nasehat minum delapan gelas air sehari sudah diketahui banyak orang. Minum banyak air putih juga baik untuk kesehatan kulit, rambut, kuku, mata, dan seluruh tubuh. Bahkan setiap bangun tidur disarankan untuk minum dua gelas air putih. Sebenarnya apa tujuannya?

Tanpa jumlah air yang tepat, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik, mengingat 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.  Dilansir dari healthmad.com, Rabu 3 April 2019, otak 85 persennya terdiri dari air, begitu juga otot manusia 75 persen terdiri dari air. Tulang punya kandungan air di dalamnya yaitu 25 persen, serta darah 82 persen terdiri dari air.

BACA JUGA: Penelitian, Minum Teh Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker

Minum air putih di pagi hari jadi kesempatan bagi tubuh untuk membersihkan usus besar akibat konsumsi sehari sebelumnya. ‘Sampah’ yang ada di usus yang terbuang memberikan ruang bagi nutrisi baru dan semua hidrasi ekstra. Ketika usus besar bekerja dalam kondisi prima, tubuh anda akan menyerap jumlah nutrisi maksimum dari makanan yang dimakan.

Manfaat lain minum air putih di pagi hari juga membuat kulit dan darah bersih dari racun-racun. Ini menjadikan kulit terlihat lebih muda bercahaya karena sel-sel kulit selalu diperbarui. Tidak hanya sel darah baru yang diciptakan, otot baru juga akan terbentuk.

BACA JUGA: Minuman Tradisional Indonesia Berbahan Rempah

Minum air putih di pagi hari juga membuat sistem getah bening menjadi lebih seimbang. Kelenjar getah bening inilah yang membantu tubuh untuk melawan infeksi dan bakteri jahat. Dengan meminum air di pagi hari, racun di sistem getah bening akan dibuang dan pada gilirannya membantu menyeimbangkan cairan di sekitar tubuh.

Selain itu, minum air putih di pagi hari membantu metabolisme tubuh. Orang yang minum segelas air dingin atau air biasa di pagi hari menunjukan peningkatan metabolisme hingga lebih dari 24 persen. Peningkatan metabolisme berarti pembakaran lemak dan kalori lebih cepat.

BACA JUGA: Kamu Sulit Turunkan Berat Badan? Minum Air Putih Tepat Waktu

Meski belum ada penelitian lebih lanjut, minum air putih di pagi hari bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Penyakit itu antara lain sakit kepala, radang sendi, kanker, tuberculosis, penyakit ginjal dan banyak lagi.

Jika menginginkan hasil terbaik, disarankan minum satu gelas air putih segera setelah bangun di pagi hari. Disarankan tak minum atau makan apapun satu jam sesudahnya. Setelah itu coba biasakan untuk minum 1-1,5 liter air di pagi hari.

Baca Juga

loading...