Indonesia Mati-matian Hadapi Denmark di Laga Tearkhir

Rochman Arief

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:17

JATIMNET.COM, Surabaya – Indonesia akan tetap tampil maksimal menghadapi Denmark di laga terakhir Piala Sudirman meskipun tiket babak perempat final sudah di tangan. Kepastian itu didapat setelah Inggris mengalahkan Denmark pada Selasa 21 Mei 2019 kemarin.

Hasil itu menempatkan Indonesia menjadi jaura grup B. Sebab di pertandingan perdana, Indonesia mengalahkan Inggris, 4-1. Untuk sementara Denmark berada di posisi juru kunci dan butuh kemenangan besar melawan Indonesia di laga terakhir.

Denmark butuh kemenangan minimal 4-1 atau 5-0 atas Indonesia untuk lolos ke perempat final. Ambisi itu wajib diantisipasi tim Piala Sudirman Indonesia agar tidak terlena meski sudah menjadi juara grup.

Jika Indonesia sukses mengalahkan Denmark, Inggris berhak menjadi runner up sekaligus mendampingi Indonesia lolos ke babak perempat final.

BACA JUGA: Indonesia Optimistis Lolos dari Hadangan Denmark dan Inggris

“Kami akan tetap fokus, karena kami ingin Indonesia memberi yang terbaik di setiap pertandingan,” kata Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Peraih medali emas bulutangkis Olimpiade 1992 itu mengakui Denmark adalah tim kuat. Sejauh ini rekor pertemuan antara Indonesia dengan Denmark selalu seru. Indonesia lebih unggul di nomor ganda putri dan putra, sedangkan ganda campuran masih imbang.

“Kalau melihat dari head to head  selalu ramai melawan Denmark. Meskipun sudah tidak memiliki Christinna Pedersen, beberapa kali ganda campuran Denmark kerap juara. Ini yang harus diwaspadai,” kata legenda bulutangkis Indonesia itu.

BACA JUGA: Indonesia Belum Lewati Ujian di Piala Sudirman

Sejalan dengan itu, nomor ganda putra merah-Putih memiliki banyak opsi. Saat ini Indonesia memiliki ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Begitu juga dengan pasangan senior yang kini duduk di peringkat keempat dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Satu lagi adalah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bisa menjadi opsi.

Namun pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi menilai ganda putra Denmark tidak bisa dianggap remeh.

“Peringkat Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen cukup tinggi dan selama ini menjadi andalan Denmark. Tapi bisa saja Denmark menurunkan kombinasi pasangan lain,” katanya.

 

Berikut Jadwal Indonesia melawan Denmark:

Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Mathias Christiansen/Sara Thygesen

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen

Ganda Putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Kim Astrup/Mathias Boe

Tunggal Putri: Fitriani vs Mia Blichfeldt

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen

Baca Juga

loading...