Hilal Tidak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

Yosibio

Senin, 3 Juni 2019 - 20:56

JATIMNET.COM, Blitar - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar bersama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) se wilayah Eks Karesidenan Kediri, melakukan rukyatul hilal di Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Senin 3 Juni 2019. Hasilnya, selama pengamatan berlangsung diketahui hilal tak terlihat dari Bukit Banjarsari.

Kepala Kemenag Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan, Bukit Banjarsari merupakan salah satu dari 150 titik di Indonesia yang digunakan untuk melihat hilal.

BACA JUGA: Ahli Astronomi Sebut Hilal Berada di Bawah Ufuk

"Hasil ini akan langsung kami laporkan ke Kemenag RI sebagai referensi sidang Isbat,” kata Suhadi saat dikonfirmasi wartawan, Senin 3 Juni 2019.

Anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar, Saiful Ali mengatakan posisi hilal masih di bawah ufuk.

BACA JUGA: Jemaah Al Muhdhor Tulungagung sudah Gelar Salat Ied

Menurutnya, hilal ada yang negatif dan positif. Jika positif hilal berada di atas ufuk. dan dikatakan negatif jika hilal tenggelam saat matahari masih tampak dan dipastikan posisi hilal masih berada di bawah ufuk.

"Saat ini tinggi hilal -0°26. Sementara hilal tenggelam pukul 17.20 WIB. Padahal matahari tenggelam pukul 17.22 WIB. Ini tidak mungkin dirukyat karena hilal sudah tenggelam matahari masih tampak," kata Saiful Ali.

Baca Juga

loading...